Proses Lelang Pengelolaan BGC Tertutup, RS Marzoeki Mahdi Terindikasi Langgar UU KIP

Gerbang Bogor Golf Club di Jalan Dr. Sumeru, Kota Bogor (dok. KM)
Gerbang Bogor Golf Club di Jalan Dr. Sumeru, Kota Bogor (dok. KM)

BOGOR (KM) – Tidak terbuka dan tidak transparannya proses lanjutan lelang pihak ketiga pengelolaan lapangan Bogor Golf Club (BGC) milik Kementerian Kesehatan RI yang diselenggarakan Rumah Sakit (RS) Marzoeki Mahdi diduga kuat melanggar Undang-undang Keterbukaan Publik (KIP).

Berdasarkan Pasal 53 Undang-Undang KIP Nomor 14 tahun 2008, setiap orang atau badan hukum atau badan publik yang dengan sengaja dan melawan hukum menghancurkan, merusak dan atau menghilangkan dokumen informasi publik bisa dipidana dua tahun penjara. Apabila menyembunyikan atau menutup-tutupi, terlebih menghilangkan atau memusnahkan dokumen publik, dapat dilaporkan kepada Kepolisian sebagai tindak pidana.

Sementara itu, Pasal 86 UU Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan menegaskan bahwa setiap orang yang dengan sengaja memusnahkan arsip di luar prosedur sebagaimana dimaksud dalam Pasal 51 ayat 2 dipidana maksimal 10 tahun penjara.

Advertisement

Sementara Direktur Perencanaan, Keuangan dan Barang Milik Negara RS. Marzoeki Mahdi Evi Nursafinah yang juga menjabat Ketua Panitia Lelang Pengelolaan Lapangan Bogor Golf Club (BGC) tidak merespon awak media pada Rabu 20 Januari 2021, terkait lanjutan proses lelang BGC hingga berita ini ditayangkan.

Terpisah, Direktur SDM, Pendidikan Dan Umum RS. Marzoeki Mahdi Heru Tri Subagyo mengatakan bahwa lanjutan proses lelang BGC agar langsung ke Ketua Panitia saja.

“Ya ke Ibu Evi saja,” ungkap Heru melalui pesan singkat.

Diketahui sebelumnya, RS. Marzoeki Mahdi menyelenggarakan proses lelang lapangan BGC yang berada di Jalan Dr. Sumeru Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, yang dilaksanakan pada Senin 18 Januari 2020 lalu, dan diikuti oleh dua perusahaan pihak ketiga.

Reporter: ddy
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: