Pemkab Subang Gandeng Balitbang Kementan Kembangkan Peternakan Rakyat

SUBANG (KM) – Bupati Subang Ruhimat menerima kunjungan sekaligus survei lokasi Balai Penelitian Ternak yang berlokasi di Bukit Nyomot, Kecamatan Serangpanjang, Sabtu 23/1.

Balai Penelitian Ternak yang berkedudukan di Kabupaten Bogor ini merupakan bagian dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pertanian RI yang meriset dan menghasilkan bibit ternak unggulan.

Kepala Balai Penelitian Ternak Andi Baso Lompengeng Ishak merekomendasikan agar Subang dapat menjadi daerah percontohan yang membudidayakan ayam kampung unggulan Balitbangtan (KUB) dan menyambut baik rencana Bupati Subang dalam mengembangkan peternakan berbasis peternakan rakyat.

“Bupati bersama Kepala Dinas ingin mencoba satu pembibitan ayam dan itik di langkah awal,” ujar Andi.

Advertisement

“Apabila kelompok ternak berperan sebagai pembibit hal ini menyebabkan kebutuhan masyarakat banyak tidak dikontrol oleh perusahan besar, sesuai arahan pak Menteri dari Pak Presiden, dekatkanlah bibit unggul itu ke petani/peternak,” imbuh Andi.

Sementara Bupati Subang menyambut baik tawaran Balai Penelitian Ternak itu. “Bagai gayung bersambut, mari sama-sama kita bangun peternakan rakyat,” ungkap Bupati Subang.

“Terkait dengan pemanfaatan lahan tak terpakai agar menjadi lahan yang produktif dan terungkap bahwa penerapan sistem yang cocok untuk Subang adalah sistem usaha tani konservasi, pengembangan usaha pertanian tanpa merusak lingkungan,” pungkasnya.

Reporter: Udin
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: