Pemdes Bungkam, Data Penerima BLT di Desa Simpang Empat Jadi Misteri

Kantor Desa Simpang Empat, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Asahan (dok. KM)
Kantor Desa Simpang Empat, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Asahan (dok. KM)

ASAHAN (KM) – Perbuatan tidak menyenangkan lagi-lagi menjatuhi jurnalis yang sedang melaksanakan tugasnya dalam menggali informasi. Kali ini, Sekretaris Desa Simpang Empat, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Asahan, Fauzi, yang dianggap membatasi ruang gerak wartawan dengan melakukan pemblokiran terhadap nomor kontak wartawan Kupas Merdeka sehari setelah dikonfirmasi terkait data penerima BLT untuk masyarakat miskin dan pengangguran tahun anggaran 2020.

Sebelumnya, wartawan KM pada Rabu 23/12/2020 telah menjumpai Kepala Desa Simpang Empat Yafit Ham untuk melakukan konfirmasi terkait Surat Pemerintahan Desa No. 005/136 perihal undangan bagi penerima BLT tahap 7, 8, dan 9 pada bulan 10, 11 dan 12 untuk tiga dusun yaitu Dusun XVI, XVIII dan XIX.

Saat itu, wartawan KM mempertanyakan kepada Kades perihal tidak adanya informasi spesifik dari tujuan undangan penerima BLT covid-19 untuk warga miskin tersebut. Atas pertanyaan itu, Yafit Ham menjelaskan bahwa penerima BLT itu merupakan orang yang sama dari tahap 1 sampai tahap 9

“Iya bang memang tujuan Surat Undangan Penerima BLT tahap 7, 8, 9 tidak kami terangkan secara individu atas nama penerimanya. Karena data dari Hasil Musyawarah Desa (Musdes) pada Mei lalu 163 orang penerima BLT tidak berubah datanya, makanya kami sampaikan atas nama per dusun karena orang yang sama,” kata Yafit Ham.

Advertisement

Setelah mendapat penjelasan tersebut, wartawan KM menyampaikan izin untuk memfoto Berita Acara Musdes pada bulan Mei 2020 yang menetapkan 163 orang penerima BLT. Namun Kepala Desa tidak berkenan untuk memberikan izin dengan alasan hal ini harus ada persetujuan dari Bupati Asahan, dan berjanji untuk memberikan data nama-nama penerima BLT covid-19 kepada wartawan.

Selang beberapa waktu kemudian, tepatnya pada Rabu 6/1, wartawan KM kembali mendatangai Kantor Kepala Desa Simpang Empat untuk menagih janji Kades, namun ditemui oleh Fauzi, Sekretaris Desa, yang enggan memberikan data tersebut.

“Maaf bang saya tidak bisa memberikan data penerima BLT tersebut walaupun Pak Kades sudah janji akan memberikannya karena itu ranah yang langsung ditanganinya selaku pimpinan karena ini berkait data individu masyarakat. Tapi saya akan sampaikan kedatangan abang-abang ini kepada bapak Kades saat nanti sudah pulang dari Kisaran,” ungkap Fauzi.

Namun, pada esok harinya, Kamis 7/1 wartawan KM mencoba mengkonfimasi Sekretaris Desa Simpang Empat (Sekdes) melalui pesan singkat, namun, alih-alih memberikan jawaban, Fauzi justru memblokir nomor kontak wartawan tanpa alasan yang jelas.

Reporter: Gus
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: