Pemkab Subang Resmikan 10 Pamsimas di 10 Desa

Asda II dr. Nunung Suhaeri meresmikan Pamsimas di Desa Tanjungsari Barat, Kecamatan Cikaum, Kabupaten Subang (dok. KM)
Asda II dr. Nunung Suhaeri meresmikan Pamsimas di Desa Tanjungsari Barat, Kecamatan Cikaum, Kabupaten Subang (dok. KM)

SUBANG (KM) – Bupati Subang yang diwakili oleh Asda II dr Nunung Suhaeri meresmikan 10 sistem Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) di 10 desa berbeda sebagai bagian dari program PAMSIMAS III-APBD Tahun anggaran 2020, di Desa Tanjungsari Barat Kecamatan Cikaum, Kamis 14/1.

Hadir dalam peresmian Pamsimas tersebut Kepala Dinas Pemberdayaan Desa Subang, Kepala BP4D, Kabid PUPR, Koordinator Konsultan Pamsimas Provinsi Jawa Barat, Camat Cikaum, Kapolsek Cikaum, Danramil 0508 Purwadadi, serta 10 kepala desa penerima Pamsimas.

Mewakili 10 kepala desa yang mendapatkan program Pamsimas, Jaenal Mutakim, Kepala Desa Tanjungsari Barat, mengucapkan terima kasih kepada Pemda Subang yang telah diberikan program Pamsimas dan diberi kepercayaan dalam pengelolaan Pamsimas.

“Insya Allah dengan program Pamsimas ini bisa membantu masyarakat terutama keperluan air bersih. Alhamdulilah antusias masyarakat sangat baik sekali terhadap program Pamsimas ini karena kualitas air yang dihasilkan dari Pamsimas ini sangat jernih dan baik. Sebelumnya, masyarakat masih tidak percaya kualitas air akan tetapi setelah terbukti dan melihat hasilnya masyarakat baru percaya karena dibandingkan kualitas air yang ada di sumur-sumur masyarakat, kualitasnya jauh lebih bagus,” jelas Jaenal.

PLT Kepala BP4D Ahmad Sobari mengatakan, Pamsimas ini merupakan program Pemda Subang dari sumber anggaran APBD Kabupaten Subang.

“Kebutuhan air dan sanitasi merupakan kebutuhan kita semua, air merupakan peran penting untuk kebutuhan hidup sehari hari. Program Pamsimas merupakan program kabupaten, dan ini telah dibuktikan banyaknya desa yang mendapatkan program Pamsimas, baik dari anggaran APBN, APBD I mapun APBD II,” jelas Ahmad Sobari kepada KM kemarin.

Advertisement

Asda II Pemkab Subang dr. Nunung yang mewakili Bupati Subang mengatakan, sumber air bersih erat kaitannya dengan program pencegahan stunting, yang sekarang sedang digalakkan oleh pemerintah Kabupaten Subang.

“Subang belum lama ini mendapat penghargaan Kabupaten tersehat dan mudah-mudahan ke depannya Subang kembali menjadi Kabupaten sehat, hal ini erat kaitannya dengan air bersih. Untuk keperluan air bersih akses air minum di Subang 88 persen sudah tercukupi dan ini di atas rata-rata nasional dan itu merupakan hasil dari peran serta dan partisipasi masyarakat Subang dalam pengelolaan air bersih,” ujar Nunung.

“Atas nama Bupati Subang saya ucapkan terima kasih sekali kepada masyarakat atas dukungan untuk Subang sehat ke depan. Saya juga mengajak kepada masyarakat Subang agar selalu mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes) dengan selalu mematuhi 3 M, memakai masker ketika keluar rumah, mencuci tangan pake sabun dengan air mengalir, dan menjaga jarak hindari kerumunan. Pemerintah Kabupaten Subang pun akan segera melakukan penyuntikan vaksin kepada seluruh warga masyrakat Subang,” pungkasnya.

Reporter: Udin
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*