Menakar Peluang Kemenangan Budi-Helmi di Pilkada Bengkulu Selatan 2020

Calon Bupati Bengkulu Selatan Budiman Ismaun - Helmi Paman
Calon Bupati Bengkulu Selatan Budiman Ismaun - Helmi Paman

BENGKULU SELATAN (KM) – Pelaksanaan Pilkada tinggal menunggu hitungan hari. Di Bengkulu Selatan, ada empat pasangan calon yang akan berlaga pada 9 Desember mendatang. Pasangan Calon Nomor urut 1 Hartawan-Darmin, Nomor Urut 2 Budiman-Helmi, Nomor Urut 3 Gusnan Mulyadi-Rifai dan Nomor urut 4 Dewi Sartika-Marwan Iswandi.

Begitu sulit untuk menebak siapa pasangan calon yang paling berpeluang untuk memimpin Bengkulu Selatan ke depan, karena keempat pasangan calon tersebut dinilai memiliki kekuatan yang imbang.

Namun, menurut sebuah analisa, Budi-Helmi mempunyai peluang yang “sangat terbuka lebar” untuk meraih suara terbanyak di Pilkada mendatang.

Fenomena yang menjadi tolok ukur kemenangan tersebut diamati dari asal kandidat Budiman Ismaun yang merupakan kelahiran Kecamatan Seginim dan ibunya yang berasal dari Kecamatan Pino.

Menariknya, Budiman juga mampu meraup simpati dari masyarakat kecamatan tetangganya, Air Nipis, yang merupakan pemekaran dari Kecamatan Seginim. Calon wakilnya, Helmi Paman merupakan kelahiran Kota Manna, dan dianggap mampu meraup simpati masyarakat sehingga mengantarkannya menjadi Anggota DPRD Kabupaten Bengkulu Selatan selama 2 periode dan DPRD Provinsi Bengkulu pada periode 2014-2019 yang lalu.

Adapun Budiman Ismaun merupakan tokoh yang merupakan representasi dari Suku Serawai. Budiman tampil sebagai Calon Bupati Bengkulu Selatan dengan nomor urut 2, diusung oleh Partai Gerindra dan PDIP yang merupakan partai pemenang Pemilu di Bengkulu Selatan pada 2019 lalu.

Advertisement

Menanggapi peta politik jelang Pilkada Bengkulu Selatan ini, tokoh pemuda Bengkulu Selatan, Lestari H. mengaku sepakat bahwa soliditas dan kekompakan Suku Serawai akan lebih kental terjadi di Pilkada 2020 dibanding Pilkada dan Pemilu-Pemilu sebelumnya.

“Saya sepakat dengan pendapat yang menyebutkan bahwa pemilih Budi-Helmi lebih kompak dibanding yang lainnya,dan peluang kemenangan pasangan itu sangat terbuka lebar,” tegasnya saat ditemui jurnalis KM di kediamannya, Rabu 2/12.

Tampilnya figur asal Kecamatan Seginim sebagai Calon Bupati Bengkulu Selatan ini bukanlah yang pertama kalinya.

“Sebelum Pak Budi yang maju saat ini, dulu juga pernah ada Calon Bupati asal Seginim, yakni H. Saaludin. Namun saya melihat gemanya tidak seperti sekarang ini, sekarang tampaknya lebih kompak dan solid, betul seperti yang disampaikan tadi, ini sebuah fenomena yang menarik,” ujar Lestari yang juga merupakan aktivis pegiat sosial dan politik itu.

Dirinya menilai, kekompakan masyarakat Seginim, Air Nipis, Pino, Pasar Manna dan Kota Manna dalam percaturan politik mulai terlihat pada saat Pemilu 2019 lalu.

Berdasarkan data KPU, dari 117.552 Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada Bengkulu Selatan, sebanyak 30 ribuan lebih merupakan pemilih yang tersebar di Kecamatan Seginim, Pino dan Air Nipis, yang notabenenya merupakan tiga kecamatan dengan populasi mayoritas pendukung Budiman Ismaun.

Reporter: KM Bengkulu
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*