KAI Daop 5 Purwokerto Buka Fasilitas Layanan Rapid Test Antigen bagi Calon Penumpang

(dok. KM)
(dok. KM)

PURWOKERTO (KM) – Menindaklanjuti Surat Edaran Satgas Penanganan Covid-19 No 3 tahun 2020 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Orang Selama Libur Hari Raya Natal dan Menyambut Tahun Baru 2021 dalam Masa Pandemi Covid -19 dan Surat Edaran Kemenhub No 23 tahun 2020 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang dengan Transportasi Perkeretaapian selama Masa Natal Tahun 2020 dan Tahun Baru 2121 dalam Masa Pandemi Covid-19, KAI Daop 5 gerak cepat melayani pelanggan yang akan melakukan rapid test antigen covid-19.

Manager Humas KAI Daop 5 Purwokerto Eko Budiyanto yang mengutip keterangan EVP Corporate Secretary KAI Dadan Rudiansyah menjelaskan aturan bahwa pelanggan KA jarak jauh di Pulau Jawa diharuskan menunjukkan surat keterangan hasil rapid test antigen negatif covid-19 yang berlaku selambat-lambatnya 3 hari sebelum tanggal keberangkatan (H-3), maka Daop 5 menyediakan layanan rapid test antigen covid-19.

“KAI mematuhi seluruh aturan protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah dalam rangka mencegah penyebaran covid-19 melalui moda transportasi kereta api,” kata Eko dalam rilis pada Rabu, 22/12/2020.

Layanan rapid test antigen saat ini dapat dilayani di Stasiun Purwokerto dan menyusul Stasiun Kroya dan Kutoarjo dengan harga Rp105.000. Adapun jam layanan pada pukul 08.00 sd 16.00 dan weekend dari pukul 08.00 sd 17.00.

Advertisement

“Kapasitas untuk melayani pelanggan yang akan melakukan rapid test antigen sebanyak 100 pelanggan per hari sedangkan kapasitas layanan pada saat weekend sebanyak 150 pelanggan perhari,” terangnya.

Dikarenakan proses pelayanan rapid test antigen memakan waktu lebih lama dibanding rapid test antibodi, maka calon pelanggan agar menyiapkan waktu yang cukup untuk melakukan tes tersebut. Masyarakat yang ingin menggunakan layanan rapid test antigen di stasiun diimbau untuk melakukannya H-1 perjalanan untuk menghindari keterlambatan jika dilakukan di hari keberangkatan.

“Diharapkan dengan adanya layanan Rapid Test Antigen ini, masyarakat dapat memanfaatkannya dengan baik dimana merupakan alternatif yang KAI hadirkan untuk kemudahan calon pelanggan yang akan naik kereta api. Di samping itu merupakan wujud komitmen KAI dalam menerapkan protokol kesehatan yang ketat dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada pelanggan setia KA. Serta sebagai solusi bagi pelanggan KA jarak jauh untuk memenuhi syarat naik KA dengan mudah dan murah sehingga pelanggan dapat aman dan nyaman dalam bepergian menggunakan KA,” terangnya.

Calon penumpang yang diminta tanggapan juga menyambut positif dengan adanya pelayanan dari KAI Daop 5 ini. “Pelayanan yang baik dan pengecekan sekaligus di stasiun ini supaya covid-19 bisa dideteksi pada calon penumpang karena kereta api salah satu pilihan sebagai moda transportasi yang sehat, selamat, aman dan nyaman sampai tujuan,” katanya.

Reporter: evie
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: