Museum Negeri Banten Gelar Pameran Golok Pusaka Banten

(dok. KM)
(dok. KM)

BANTEN (KM) – Museum Negeri Banten bekerja sama dengan Museum Golok Indonesia menggelar pameran koleksi dan pusaka Banten dengan mengangkat tema “Museum sebagai rumah peradaban, sarana edukasi budaya masa lalu serta merekayasa masa depan yang dicita-citakan,” Kamis 5 November 2020.

Acara pameran dibuka oleh Kepala Bidang Kebudayaan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten, Bara Hudaya, dan dihadiri oleh para pelajar tingkat SMP, SMA, dan perguruan tinggi, serta dihadiri oleh komunitas budaya dan komunitas pencak silat yang ada di Provinsi Banten.

Dalam sambutannya, Bara Hudaya menegaskan perlunya edukasi kepada masyarakat tentang pelestarian golok Banten pada generasi saat ini dan juga perlunya penelitian tentang sejarah, jenis, material juga hasil penelitian pada uji laboratorium metalurgi.

Kabid Kebudayaan Disdikbud Banten, Bara Hudaya saat menerima buku

Kabid Kebudayaan Disdikbud Banten, Bara Hudaya saat menerima buku “The Golok” dari Ki Kumbang (dok. KM)

Bara juga menyampaikan pentingnya museum sebagai salah satu sarana edukasi bagi masyarakat agar lebih mengenal sejarah.

Advertisement

Dalam acara yang turut dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten, Kepala Museum Negeri Banten, dan Kepala Museum Negeri Banten ini, digelar pameran golok pusaka dari era kerajaan Pajajaran, Kerajaan Banten Girang, dan Era Kesultanan Banten.

Adapun pemateri dan narasumber yang mengisi acara tersebut adalah Ki Kumbang, yang merupakan Guru Besar Seni Golok Indonesia dan juga pendiri Museum Golok Indonesia yang menerangkan tentang sejarah golok pada masa kerajaan Pajajaran, nama dan jenis, filosofi, dan teknik menggunakan golok pada pencak silat.

Acara ini berlangsung selama 2 hari dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan covid-19.

Reporter: Sudrajat
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

1 Trackback / Pingback

  1. MUSEUM NEGERI BANTEN GELAR PAMERAN GOLOK PUSAKA BANTEN – Museum Golok Indonesia

Leave a comment

Your email address will not be published.


*