KPU Kota Bogor Gandeng Disdik, Berikan Pendidikan Demokrasi dan Kepemiluan kepada Ratusan Siswa SMP

Kegiatan
Kegiatan "KPU Kota Bogor Mengajar" yang diselenggarakan secara online pada 4 November 2020 (dok. KM)

BOGOR (KM) – Rangkaian kegiatan “Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bogor Mengajar” yang bekerjasama dengan Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor diselenggarakan secara interaktif pada Rabu 4/11.

“Ini merupakan rangkaian kegiatan ‘KPU Kota Bogor Mengajar’ gelombang pertama, yang berkerjasama dengan Disdik Kota Bogor. Siswa SMP di Kota Bogor yang masuk dalam segmen masyarakat pra pemilih sangat strategis untuk diberikan ilmu pengetahuan dan wawasan tentang demokrasi dan kepemiluan,” ungkap Ketua KPU Kota Bogor Samsudin kepada awak media.

“Ya beberapa tahun lagi, mereka (siswa -siswi) SMP akan menjadi pemilih pemula yang untuk pertama kali akan menggunakan hak politiknya,” tambah Samsudin.

Selain itu, lanjut Samsudin, sesuai dengan regulasi yang berlaku, di usia 17 tahun, mereka sudah bisa berpartisipasi aktif menjadi penyelenggara Pemilu. “Selain sebagai pemilih, mereka juga sangat berpotensi membantu KPU sebagai petugas KPPS di TPS,” ujar Samsudin.

Di tempat yang sama Kepala Disdik Kota Bogor Fahrudin mengatakan bahwa pihaknya antusias dan mendukung kegiatan “KPU Kota Bogor Mengajar”.

Advertisement

“Di tengah situasi pembelajaran jarak jauh, KPU mengajar bisa memberi nuansa yang baru bagi siswa dalam pembelajaran, khususnya mata pelajaran PKN,” jelas Fahrudin singkat.

Sementara Anggota Divisi SDM dan Sosparmas KPU Kota Bogor, Dian A. Yamin menjelaskan bahwa di tengah pandemi covid-19 ini, kegiatan “KPU Kota Bogor Mengajar” dilaksanakan secara online kepada ratusan siswa dari 125 SMP se-Kota Bogor. Kegiatan dibagi menjadi 3 gelombang pada 4-6 November 2020.

“Kegiatan ‘KPU Kota Bogor Mengajar’ dikemas dengan interaktif dan mengajak siswa untuk aktif berdiskusi selama kegiatan, dan juga disediakan door prize menarik untuk peserta yang aktif dalam diskusi,” tambah Dian.

Kegiatan ini, lanjut Dian, diharapkan berdampak pada peningkatan wawasan dan kesadaran para siswa SMP. “Ketika waktunya tiba, mereka dapat menggunakan hak pilihnya dengan cerdas dan bijak,” pungkas Dian.

Reporter: ddy
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*