Hujan Berjam-jam Akibatkan Tanah Longsor dan Pohon Tumbang di Magetan

(dok. KM)
(dok. KM)

MAGETAN (KM) – Beberapa titik di wilayah Magetan, Jawa Timur, Minggu malam 1/ 11, diporakporandakan hujan lebat berdurasi sekitar enam jam. Beberapa akses jalan terpaksa ditutup sementara, lantaran tertimbun material longsor maupun pohon tumbang yang melintang jalan.

Hujan yang berlangsung sejak pukul 6 petang hingga dini hari belum tuntas itu meruntuhkan tebing setinggi 10 meter di Desa Balegondo, Kecamatan Ngariboyo.

Material longsor berupa lumpur dan bebatuan gunung tumpah menutup akses lalu lintas menuju kota. Guyuran hujan menyulitkan pekerja dari BPBD, PMI dan masyarakat setempat, hingga aparat kepolisian terpaksa menutup sementara jalur untuk memberi kesempatan para pekerja.

“Penutupan jalur ini hanya sementara, selama kami bekerja menyingkirkan material longsor. Mudah-mudahan cepat selesai sehingga jalan bisa dibuka lagi,” tutur petugas BPBD setempat.

Bencana alam akibat hujan dan angin kencang itu juga menumbangkan beberapa pohon besar peneduh jalan. Pohon besar jenis asam, karet dan talok tersebut semuanya roboh dalam posisi melintang jalan.

Advertisement

Kondisi itu menyebabkan beberapa jalan penghubung antar kecamatan dan menuju kota terpaksa ditutup sementara.

Beberapa jalan yang menjadi titik bencana dan mengalami penutupan sementara antara lain Jalan Mayjen Sukowati, Jalan Hasanudin dan jalur Desa Kleco menuju Kecamatan Pasopati dan Kecamatan Kawedanan.

Para petugas membersihkan kotoran longsor maupun batang serta puing pepohonan, menggunakan peralatan sederhana. Hal itu menyebabkan penyelesaian pekerjaan agak berjalan lamban.

“Meski demikian kita optimis, bekerja sama akhirnya pasti selesai, ” tutur pekerja.

Dalam insiden ini tidak terdapat laporan adanya korban jiwa maupun terluka. Juga tidak ada laporan warga terkait kerusakan harta benda akibat tertimpa pohon, atau kecelakaan lainnya.

Meski demikian, aparat keaman setempat menghimbau masyarakat agar tidak lengah. Mengingat saat ini mulai memasuki musim penghujan, yang jika tidak waspada dapat mengancam keselamatan.

Reporter: fin
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*