Diperiksa KPK dalam Kasus Hibah Tanah Rachmat Yasin, Rudy Wahab: “Ada Kejanggalan dalam Keterangan para Saksi”

Rudy Wahab di gedung KPK, Jakarta, Kamis 12/11/2020 (dok. KM)
Rudy Wahab di gedung KPK, Jakarta, Kamis 12/11/2020 (dok. KM)

JAKARTA (KM) – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengkonfirmasi tiga saksi mengenai penandatanganan akta hibah dalam kasus dugaan gratifikasi hibah tanah kepada mantan Bupati Bogor, Rachmat Yasin (RY), yang berstatus tersangka. Tiga saksi itu adalah wiraswasta dan aktor film lawas Rudy Wahab, wiraswasta atau pengelola pesantren H. M. N. Lesmana, dan Muhamad Suhendra.

Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri menjelaskan, KPK pada Kamis (12/11), memeriksa tiga saksi itu dalam penyidikan kasus korupsi terkait pemotongan uang dan gratifikasi. “Para saksi tersebut dikonfirmasi mengenai penandatanganan akta hibah terkait dengan dugaan gratifikasi hibah tanah kepada tersangka RY,” ucap Ali Fikri kepada wartawan kupasmerdeka.com Kamis malam 12/11.

Usai diperiksa, Rudy mengaku hanya mencocokkan keterangannya dengan dua saksi lain yang juga diperiksa tersebut. “Jadi, mencocokkan semua hasil penyidikan keterangan terakhir saya, Lesmana, dan Hendra, itu dicocokkan. Kan ada kejanggalan, itu sama-sama ditanyain,” kata Rudy.

Advertisement

Dia mengaku ada masalah pada penandatanganan akta hibah tanah tersebut. “Masalah penandatanganan akta-akta di kantor kecamatan atau di kantor Lesmana, saya sampaikan semuanya di kantornya Lesmana,” ujar Rudy.

Sebelumnya, pada Jumat 17/7, Senin 9/11, dan Kamis 12/11 kemarin, KPK telah memeriksa Rudy Wahab dalam penyidikan kasus tersebut. Penyidik saat itu mengonfirmasi mengenai gratifikasi dalam bentuk hibah tanah kepada tersangka Rachmat Yasin. Selain itu, penyidik juga mengonfirmasi Rudy soal proses pemberian hibah tanah tersebut.

Sementara itu, H. M. N. Lesmana dipanggil penyidik KPK untuk yang keempat kalinya setelah Sabtu 26 Juni 2019, Senin 12 Oktober 2020, dan 26 Oktober 2020.

Reporter: HSMY
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: