Desa Gunung Malang Tenjolaya Luncurkan Program “Desa Digital”

Peluncuran program
Peluncuran program "Desa Digital" di Desa Gunung Malang, Kecamatan Tenjolaya, Kabupaten Bogor, Kamis 12/11/2020 (dok. KM)

BOGOR (KM) – Untuk membuka akses informasi dan komunikasi, serta mendukung pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi covid-19, Desa Gunung Malang meluncurkan program Desa Digital di Kampung Curugluhur, Kamis 14/11.

Pemerintah Desa Gunung Malang, Kabupaten (Pemkab) Bogor, Jawa Barat melakukan pemasangan wifi gratis di 8 area ruang publik yang tersebar di setiap RW, untuk membuka akses informasi dan komunikasi, serta mendukung pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi covid-19.
Acara ini dihadiri Camat Tenjolaya bersama jajarannya, tokoh agama, tokoh masyarakat, Bhabinkamtibmas, Babinsa, ketua RW dan RT, dan Kader Desa Gunung Malang.

Ke depan, seluruh pelayanan publik di desa akan melalui digitalisasi, sehingga masyarakat desa dapat memanfaatkan pelayanan media sosial untuk pelayanan jarak jauh, sekaligus mempromosikan produk unggulan di wilayahnya.

Pejabat Sementara Kepala Desa Gunung Malang, Kholid, menyatakan bahwa pemasangan wifi gratis di 8 titik sambungan internet itu berfungsi untuk menunjang pembelajaran jarak jauh karena kondisi pandemi covid-19, yang mengharuskan pembelajaran sekolah dilaksanakan secara daring demi mengantisipasi penularan covid-19 di lingkungan pendidikan.

Advertisement

“Kita menyadari bahwa metode pembelajaran jarak jauh masih menemui berbagai kendala terkait infrastruktur, sarana prasarana dan efektifitas metode pembelajaran. Untuk itu, sinergi pemangku kepentingan sangat dibutuhkan untuk mewujudkan pembelajaran jarak jauh agar dapat lebih optimal,” katanya.

Sementara itu, Camat Tenjolaya Farid Ma’ruf dalam sambutannya berharap program dapat dimanfaatkan dengan baik untuk mendukung kegiatan yang produktif seperti pembelajaran jarak jauh dan lainnya, serta untuk membangun komunikasi yang efektif dalam belajar.

“Desa digital ini merupakan program pemberdayaan masyarakat melalui teknologi digital dan internet dalam pengembangan potensi desa, pemasaran dan percepatan akses serta pelayanan informasi teknologi komunikasi guna mendorong program pembangunan pemerintah, bahkan memiliki peran penting dalam mendukung seluruh aktivitas masyarakat,” ungkap Farid.

Reporter: Asep Awaluddin
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*