Kunker ke Labuan Bajo, Jokowi Tinjau Progres Pembangunan Sarpras

Presiden Joko Widodo memantau pembangunan terminal pelabuhan di Kabupaten Manggarai, NTT, Kamis 1/10/2020
Presiden Joko Widodo memantau pembangunan terminal pelabuhan di Kabupaten Manggarai, NTT, Kamis 1/10/2020

MANGGARAI BARAT, NTT (KM) – Presiden Joko Widodo melaksanakan kunjungan kerja (kunker) ke Labuan Bajo, Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Kamis 1/10. Pantauan KupasMerdeka.com, Presiden bersama rombongan tiba di Labuan Bajo langsung meninjau progres pembangunan di beberapa sarana prasarana (sarpras) yang masih dalam proses pengerjaan.

Salah satu yang dikujungi Jokowi yakni kawasan pelabuhan. Selain itu, Jokowi juga meninjau progres pengerjaan pembangunan dan penataan jalan, pedestrian tepi pantai, serta drainase pendukung yang berada di Kampung Ujung, Labuan Bajo, Kecamatan Komodo.

Saat meninjau lokasi tersebut, Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa pemerintah akan menata trotoar “standar premium” serta merombak pelabuhan lama dan dipindahkan ke Pelabuhan Kelurahan Wae Kelambu, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat.

“Kita tata trotoarnya, pelabuhan lama yang semuanya kita rombak, kita pindahkan yang baru di Wae Kelambu. Kita harapkan tahapan yang pertama akan selesai di akhir tahun 2020, kemudian tahapan kedua akan selesai tahun 2021,” katanya.

Sesudah meninjau kawasan Kampung Ujung, Presiden Joko Widodo bersama rombongan bergerak menuju ke kawasan dan sarana gedung Batu Cermin.

Dari hasil pantauannya Jokowi menyampaikan bahwa progres penataan kawasan Wisata Batu cermin telah mencapai 47%.

Advertisement

“Di sini memang dibangun titik-titik kawasan yang telah ditentukan, yang telah direncanakan tahun yang lalu. Ini sudah dimulai dan perkembangan penataanya telah mencapai 47% dan akan terus berlanjut,” ungkapnya.

Selepas meninjau kawasan Batu Cermin, Joko Widodo beserta rombongan bergegas menuju lokasi pembangunan terminal multifungsi yang berada di Kelurahan Wae Kelambu, Kec.Komodo, Kabupaten Manggarai Barat. Teminal tersebut nantinya akan fokus dan diperuntukan untuk mendukung aktivitas bongkar muat peti kemas kapal.

Selain meninjau progres pembangunan di sejumlah proyek pemerintah itu, Jokowi juga membagikan modal kerja kepada kurang lebih 60 UMKM di Labuan Bajo.

Pantauan KM, selama perjalanan menuju beberapa titik yang dikunjunginya, Presiden terlihat membagikan masker dan baju kaos oblong kepada warga yang berada di pinggir jalan yang sudah menunggu kedatangannya.

Dalam kunjungan ke Labuan Bajo, Presiden didampingi oleh Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana, dan Gubernur Nusa Tenggara Timur, Viktor Bungtilu Laiskodat.

Reporter: Ayt
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*