Kiprah Gerakan Tanam Pohon Tuai Apresiasi dari Politisi dan Warga

Giat Tanam Pohon GTP ke-246 bersama KWT Berkarya Kelurahan Cilendek Barat Kota Bogor (dok.KM)
Giat Tanam Pohon GTP ke-246 bersama KWT Berkarya Kelurahan Cilendek Barat Kota Bogor (dok.KM)

BOGOR (KM) – Jelang ulang tahun Gerakan Tanam Pohon (GTP) kelima, kiprah organisasi pegiat kelestarian lingkungan itu diapresiasi anggota DPRD Kota Bogor dari Partai Amanat Nasional (PAN) Daerah Pemilihan (Dapil) Bogor Barat, Rifki Alaydrus.

“Konsistennya giat tanam pohon GTP setiap minggu di berbagai wilayah di Kota Bogor tidak terasa sudah menginjak usia yang ke-5 tahun. Tentunya ini membangkitkan motivasi warga Kota Bogor khususnya dalam melestarikan lingkungan sekitar,” ungkap Politisi PAN tersebut usai giat GTP ke 246 bersama KWT Berkarya Kelurahan Cilendek Barat Kota Bogor, Minggu 25/10.

Rifki yang juga bagian dari Inisiator GTP mengatakan, dengan membangkitkan semangat tanam pohon warga, artinya “ikut berperan dalam upaya menjaga lingkungan di Kota Bogor.”

“Ya dengan cerminan tanam pohon GTP sangat diharapkan, minimal setiap rumah warga berperan dengan menanam satu pohon di pekarangan rumah,” tegas Rifki.

Di tempat yang sama Ketua Kelompok Wanita Tani (KWT) Berkarya Kelurahan Cilendek Barat Yani mengatakan, tanam pohon GTP sudah yang kedua kalinya disini. “Antusias anggota KWT dan warga sangat tinggi, karena dengan tanam pohon berarti kita sama-sama menjaga lingkungan kita,” ungkap Yani.

Advertisement

“Beberapa pohon yang di taman pertama juga tumbuh subur, di sekitar bantaran sungai Cisadane,” tambah Yani.

Yani menuturkan, KWT dan GTP sama-sama memiliki giat dalam menanam pohon. “Kita KWT lebih konsen pada tanam sayur mayur dan GTP konsen pohon buah dan pohon keras untuk lingkungan.”

“Ya KWT sayur mayur untuk konsen menunjang perekonomian ketahanan pangan khususnya anggota dan warga sekitar,” jelas Yani.

Sementara Inisiator GTP Heri Cahyono mengatakan, dua tahun lalu GTP tanam pohon bersama KWT Berkarya di sekitar bantaran Sungai Cisadane. “Wilayah sini masih banyak tanah-tanah kosong yang sangat perlu untuk ditanami pohon-pohon,” ungkap Heri.

“GTP hadir di sini untuk menyemangati warga-warga, untuk terus menjaga lingkungan dengan memanfaatkan lahan kosong dengan menanam pohon,” tambah Heri.

“Saya sangat mengapresiasi KWT Berkarya, semangat menanam sayur mayur bersama-sama, tentunya ini dapat menjaga ketahanan pangan dalam masa pandemi saat ini,” lanjutnya.

“Ya hasil taman sayur mayur ini dapat dimanfaatkan, baik untuk anggota dan juga warga sekitar untuk kebutuhan pangan,” pungkasnya.

Reporter: ddy
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*