Dinas Pertanian Kabupaten Subang Apresiasi Peluncuran “Kartu Tani”

Kantor Dinas Pertanian Kabupaten Subang (dok. KM)
Kantor Dinas Pertanian Kabupaten Subang (dok. KM)

SUBANG (KM) – Dinas Pertanian Kabupaten Subang mengapresiasi adanya “Kartu Tani” yang dibuat atas dasar usulan dari KPK. Diharapkan Kartu Tani itu bisa memudahkan para petani dan menjamin usaha serta bisa membuka wawasan terkait dengan usaha tani.

Dinas Pertanian Kabupaten Subang juga akan membantu petani mengenai pupuk dan KUR dengan “sebagus mungki” agar ke depannya kuota penambahan pupuk bisa berjalan dengan lancar dan pupuk tidak langka lagi.

Hal itu diungkapkan oleh Kasi Sumber Daya di Dinas Pertanian Kabupaten Subang, Hendra.

“Saya mengapresiasi dengan adanya kartu tani, yang keluar usulan dari KPK, sampai hari ini tidak ada kelangkaan pupuk, kalau kekurangan ada, kenapa tahun sekarang kurang? Pertama alokasi yang biasanya per tahun yang biasa dapatkan jauh dari biasanya, karena yang menentukan jatah per kabupaten itu pusat,” ungkap Endra kepada Kupasmerdeka.com Sabtu 10/10.

menurutnya, dengan adanya kartu tani, penyimpangan perdagangan sudah mulai bisa diarahkan, yang paling utama lagi untuk memudahkan para petani dan para petani bisa terjamin.

Advertisement

“Mudah-mudahan petani ke depan bisa membuka wawasan terkait usaha tani, pemerintah sudah berupaya sebagus mungkin membantu petani, selain pupuknya juga KUR, tinggal Pemerintah mengoptimalkan pasar,” imbuhnya.

Mengenai mulai berlakunya kartu tani, aturan pemanfaatan kartu tani tersebut diberlakukan mulai 1 September 2020, dengan harapan ianya bisa bermanfaat bagi petani. “Ke depannya kita juga akan berupaya meminta kuota penambahan pupuk dan bisa berjalan dengan lancar,” ujarnya.

“Alhamdulilah 97% Kartu Tani di Kabupaten Subang sudah disalurkan kepada para petani. Seperti di wilayah Subang selatan, yang meliputi Kecamatan Cibogo, Subang, Jalancagak, Tanjungsiang, Cisalak, Ciater, Sagalaherang dan Kecamatan Serangpanjang dan untuk Kecamatan Cisalak 2.426 kartu tani sudah terbagi dan sudah 89%, Tanjungsiang 98%, Jalancagak 98% Ciater 93%, Sagalaherang 98% dan Kecamatan Serangpanjang 90%,” paparnya.

Reporter: Udin
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*