Dinas Koperasi Subang “Tidak Tahu Sama Sekali” Jumlah UMKM yang Terima Bantuan Modal Kerja dari Pemerintah Pusat

Dinas Koperasi, UMKM, Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Subang (dok. KM)
Dinas Koperasi, UMKM, Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Subang (dok. KM)

SUBANG (KM) – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) telah meluncurkan bantuan modal kerja sebesar Rp 2,4 juta bagi para pelaku UMKM. Bantuan tersebut adalah untuk membantu pelaku usaha kecil dari dampak negatif pandemi virus corona.

Namun, sampai saat ini para pelaku UMKM yang mengajukan melalui Dinas Koperasi UMKM Perdagangan Dan Perindustrian Kabupaten Subang, masih banyak yang belum menerima bantuan atau terealisasikan.

Seperti yang diutarakan Basuni, warga Subang pelaku UMKM, yang mengatakan bahwa sampai saat ini dirinya sebagai pedagang belum mendapat informasi atau kejelasan dari dinas atau instansi terkait perihal bantuan tersebut. “Karena kalau ada pencairan pasti ada informasi melalui telepon, namun sampai saat ini belum ada dan saya menunggu serta berharap,” ujarnya.

Sementara Kabid UMKM di Dinas Koperasi, Dedeh Agustini, saat dikonfirmasi perihal tersebut mengatakan bahwa bantuan tersebut disalurkan melalui 5 pintu yaitu melalui dinas ini, BRI, Pegadaian, PNM dan Koperasi.

Advertisement

“Untuk UMKM binaan dinas ini sebanyak 91.735 atau 91.737 namun di sini itu hanya menerima data dari kelurahan atau desa seperti Surat Keterangan Usaha (SKU) dan meng-entry, sementara untuk verifikasi lapangan itu langsung dari Kementerian dan Provinsi,” terangnya.

“Berapa jumlah pelaku UMKM yang cair ataupun belum, kami dari pihak Dinas tidak tahu sama sekali, karena apabila pemohon pelaku UMKM telah cair pasti ada konfirmasi melalui telepon ke yang bersangkutan karena di dalam pengajuan permohonan harus mencantumkan nomor telepon pelaku UMKM itu sendiri,” ujarnya.

Reporter: Sunardi/Mulyadi
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*