Desa Sidamulya Lestarikan Tradisi Sedekahan Ruwatan Bumi, Keliling Kampung Menggunakan Traktor

Ruwatan Desa Sidamulya, Kecamatan Cipunagara, Kabupaten Subang (dok. KM)
Ruwatan Desa Sidamulya, Kecamatan Cipunagara, Kabupaten Subang (dok. KM)

SUBANG (KM) – Desa Sidamulya, Kecamatan Cipunagara, Kabupaten Subang, melestarikan tradisi khasnya dengan mengadakan acara Sedekahan Ruwatan Bumi di halaman kantor desa. Tradisi tersebut merupakan warisan turun temurun warga masyarakat Desa Sidamulya sebagai salah satu bentuk rasa syukur kepada Tuhan atas semua karunia-Nya yang diberikan kepada warganya.

Dalam kegiatan tersebut di adakan hajat ruwatan sedekahan bumi, perlombaan tumpeng dan dilanjutkan pawai traktor keliling kampung.

Pelaksanaan sedekah bumi itu melibatkan semua elemen masyarakat, mulai dari perangkat desa, aparat keamanan hingga seliruh lapisan masyarakat setempat.

Kepala Desa Sidamulya, Warto, mengatakan bahwa sedekah bumi adalah simbol penghormatan dan penghargaan masyarakat kepada alam sebagai karunia yang besar. “Tanah yang kita pijak setiap hari, kita buang kotoran di situ, kita tanam dan segala sesuatu yang kita lakukan maka kita perlu merawatnya dengan cara memberikan sedekah terhadap bumi kita ini,” paparnya.

Advertisement

“Acara Sedekah Bumi sudah merupakan tradisi tahunan. Sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dan sekaligus juga sebagai doa permohonan masyarakat Desa Sidamulya umumnya diberikan keselamatan, kesehatan, rizki yang melimpah,” pungkasnya.

Reporter: Udin
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*