“Botani Mart” Binaan IPB Jadi Primadona Pasar Tanaman Hias dan Buah-buahan

Botani Mart Jalan Raya Dramaga Bogor Barat Kabupaten Bogor (dok. KM)
Botani Mart Jalan Raya Dramaga Bogor Barat Kabupaten Bogor (dok. KM)

BOGOR (KM) – Masih tingginya kasus covid-19 di Indonesia, termasuk di Bogor, membuat warga lebih memilih diam di rumah. Termasuk work from home (WFH), atau bekerja dari rumah. Untuk mengisi kejenuhan di rumah, banyak warga memilih hobi baru selain bersepeda, yakni bertanam. Akibatnya, harga sejumlah tanaman hias meroket bahkan sampai ratusan juta.

Di kawasan Bogor banyak terdapat sentra penjualan tanaman hias, salah satunya di Botani Mart di Jalan Raya Dramaga, Kabupaten Bogor. Lokasinya yang berada di pinggir jalan utama menuju wilayah Bogor barat seperti Ciampea, Leuwiliang dan Jasinga, membuat Botani Mart jadi pilihan warga Bogor maupun warga luar Bogor untuk membeli berbagai tanaman hias dan bibit tanaman buah dengan harganyang murah.

Di toko yang dikelola Institut Pertanian Bogor (IPB) ini, konsumen dapat menemukan berbagai macam tanaman hias yang sedang booming saat ini. Mulai dari tanaman lanskap (taman), buah-buahan ataupun tanaman jenis aglonema, keladi dan pilo dan jenis lainnya. Konsumen dapat menemukan berbagai jenis tanaman hias mulai harga puluhan ribu hingga jutaan di lokasi ini, namun tak usah khawatir, harga di Botani Mart masih di bawah harga pasaran. Dijamin gak bikin kantong jebol.

Selain mendapatkan tanaman hias, konsumen pun bisa memilih sejumlah pupuk, media tanam maupun obat tanaman di lokasi ini. Kalau soal kualitas tak perlu diragukan, banyak media tanam maupun pupuk yang dibuat oleh IPB.

Lokasi yang dekat dengan kampus IPB Dramaga ini memiliki area yang cukup luas, bahkan konsumen yang kelelahan melihat-lihat berbagai tanaman hias, tanaman buah, bisa bersantai sejenak di sejumlah gazebo sambil memandangi kolam ikan alami.

Advertisement

Seorang warga Ciampea, Erni, mengaku baru mengetahui jika di Botani Mart menyediakan berbagai tanaman hias, buah dan pupuk berkualitas. Dirinya pun mengaku jika belanja di Botani Mart lebih nyaman dan terjamin kualitasnya.

“Enak tempatnya, meski di area parkirnya panas. Tapi di area tanaman hiasnya sejuk, dan buat foto-foto juga enak. Lokasinya di pinggir jalan utama, jadi mudah dijangkau menggunakan angkutan umum,” kata Erni yang mengaku akan mengantarkan temannya dari Jakarta ke Botani Mart akhir pekan ini.

Pengelola juga menyediakan musala berbentuk gazebo terbuka, yang cukup nyaman untuk beribadah.

Sementara itu menurut manajer Botani Mart dan juga manajer Botani Merchandise Lita Herlinawati, sejak Botani Mart dibuka dan resmi beroperasi November 2018 lalu, banyak warga mencari kebutuhan pupuk, media tanam dan tanaman buah di Botani Mart. Bahkan tak sedikit konsumen yang datang dari luar Bogor.

“Alhamdulillah tingkat kunjungan terus meningkat sejak dibuka 2 tahun lalu. Malah sekarang banyak warga luar Bogor yang datang mencari tanaman hias,” ungkap Lita.

Lita menambahkan, karena tingginya permintaan konsumen yang menanyakan tanaman hias seperti aglonema, janda bolong, begonia dan lain-lain, akhirnya Botani Mart melengkapinya.

“Mudah-mudahan konsumen dapat terpenuhi semua kebutuhan tanamannya di Botani Mart. Mulai tanaman hias, tanaman buah, media tanam dan pupuk. Khusus untuk kompos, kami menyediakan kompos inovasi terbaru bernama POSTGUN. Kompos super produksi ATP IPB. Jadi gak usah khawatir soal mutu kompos kami, silahkan datang kemari. Buru tanaman hiasnya, jangan lupa komposnya, agar tanaman makin sehat,” tutup Lita.

Reporter: ddy
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*