Pengecoran Jalan di Desa Caracas Gunakan Sisa Anggaran Covid-19

Pekerjaan cor jalan di RT 01/01 Desa Caracas, Kecamatan Kalijati, Subang (dok. KM)
Pekerjaan cor jalan di RT 01/01 Desa Caracas, Kecamatan Kalijati, Subang (dok. KM)

SUBANG (KM) – Pelaksanaan pembangunan infrastruktur, utamanya yang berada di desa-desa, semenjak pandemi covid-19 mengalami perubahan dalam anggaran yang dialokasikan.

Seperti halnya pekerjaan betonisasi di RT 01/01 Desa Caracas, Kecamatan Kalijati, Kabupaten Subang, yang bersumber dari Dana Desa (DD) tahun 2020.

Saat dimintai keterangan pada Sabtu 12/9, Ketua RT setempat yang biasa disapa Habib mengaku tidak mengetahui berapa besar biaya yang ditelan oleh betonisasi tersebut. “Saya mengucapkan banyak terima kasih dengan pelaksanaan pekerjaan di lingkungan RT 01, namun besaran biayanya saya tidak tahu sama sekali,” ujarnya.

Sama halnya yang dikatakan Ahmad Romli, anggota BPD Caracas, saat ditemui KM kemarin. “Tentang berapa jumlah anggarannya saya tidak tahu, coba tanyakan saja ke Pemdes melalui Pak Sekdes,” katanya.

Advertisement

Sementara itu, Sekdes Caracas, Kosep, saat dikonfirmasi mengatakan bahwa pelaksanaan cor jalan di RT 01/01 bersumber dari Dana Desa tahun 2020 dan itu sisa dari anggaran penanganan covid-19.

“Pada Rencana Anggaran Biaya (RAB) awal hampir Rp 80 jutaan lebih dan spesifikasi kekuatan jenis cor K300, panjang 124 meter dengan ketebalan 15 cm,” terangnya.

“Dan dalam perubahan RAB itu terkait dengan covid-19, kalau gak ada covid-19, kita sesuai dengan pengajuan dan dalam pelaksanaan pekerjaan tersebut di RAB perubahan lebar jadi 3 meter dan ketebalan jadi 13 cm serta besar anggaran sekitar Rp53 juta atau Rp58 juta,” ungkap Kosep.

Reporter: Sunardi, Mulyadi
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*