Pemkab Subang Targetkan Peningkatan Kinerja Instansi Pemerintahan Hingga Raih Peringkat “BB”

Wakil Bupati Subang Hadiri SAKIP di Ruang rapat BP4D, Jumat 18/9/2020 (dok. KM)
Wakil Bupati Subang Hadiri SAKIP di Ruang rapat BP4D, Jumat 18/9/2020 (dok. KM)

SUBANG (KM) – Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi didampingi oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Subang Aminudin menghadiri webinar yang digelar Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi yang membahas evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) dan Reformasi Birokrasi, dari ruang rapat BP4D Kabupaten Subang, Jumat 18/9.

Setiap pimpinan instansi pemerintah melakukan evaluasi atas implementasi SAKIP di lingkungannya setiap tahun, dan hasil evaluasi digunakan untuk memperbaiki manajemen kinerja, khususnya kinerja publik di instansinya secara berkelanjutan.

Awabup Agus mengatakan bahwa SAKIP Kabupaten Subang tahun 2019 lalu memperoleh nilai 66,70 atau peringkat B, meningkat dari tahun 2018 sebesar 62,24. Untuk tahun 2020, target nilai yang harus dicapai minimal 70,00 sehingga mencapai peringkat BB.

“Kami bersama seluruh OPD siap berkomitmen bersama untuk melakukan perbaikan evaluasi sehingga berharap tahun depan Subang SAKIP meraih nilai BB,” ujar Agus.

“Untuk kedepannya, sesuai dengan semangat Jawara, kinerja harus lebih ditingkatkan lagi sehingga kita bisa meraih nilai yang lebih dari ini,” tambahnya.

Menurut Agus, salah satu arah kebijakan pembangunan 2019-2023 yaitu untuk meningkatkan pembangunan infrastruktur dan penataan ruang berkarakter kebudayaan lokal, dan pemerataan pembangunan perdesaan dengan arah kebijakannya melakukan pembangunan infrastruktur yang berkualitas, terutama dalam pembangunan jalan, jembatan, irigasi, drainase dan infrastruktur pendukung lainnya dengan sistem penganggaran yang maksimal.

“Maka langkah-langkah perbaikan yang dapat dilakukan pendampingan penerapan SAKIP dengan Kemenpan-RB serta Biro Organisasi Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat, melakukan pendampingan dalam penyusunan laporan kinerja Perangkat Daerah, melakukan review pada Laporan Kinerja Pemerintah Kabupaten dan Evaluasi SAKIP pada tingkat perangkat daerah oleh Inspektorat Daerah Kabupaten Subang, menerapkan Sistem Informasi e-SAKIP, penyesuaian RKPD 2021 dan pengawalan capaian RKPD 2020 agar dapat mencapai sasaran target yang telah ditetapkan,” pungkasnya.

Reporter: Udin
Editor: HJA

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*