Pasien Positif Covid-19 di Pasaman Barat Bertambah

Bupati Pasaman Barat memberikan keterangan pers di Media Center Gugas Covid-19 Simpang Empat, Kamis 10/9/2020 (dok. KM)
Bupati Pasaman Barat memberikan keterangan pers di Media Center Gugas Covid-19 Simpang Empat, Kamis 10/9/2020 (dok. KM)

PASAMAN BARAT, SUMBAR (KM) – Bupati Pasaman Barat (Pasbar) Yulianto sebagai Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Pasbar yang didampingi Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Percepatan COVID-19 Pasbar, Gina Alecia dan Kepala Bagian Protokol, Yosmar Difia di Media Center Simpang Empat Pasbar Kamis 10/9 mengumumkan bahwa untuk Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, hingga hari ini ada tiga orang lagi penambahan pasien positif covid-19, ketiga orang tersebut berinisial DP (35), ZA (31) dan SP (32).

Dikatakannya, mereka merupakan warga yang kontak dengan pasien positif lainnya. Ketiga pasien positif baru ini merupakan hasil tracing dari pasien positif sebelumnya.

Yulianto menerangkan, setelah mendapatkan hasil laboratorium UNAND, pasien langsung dibawa ke RSUD Pasaman Barat untuk pemeriksaan kesehatan lanjutan, dan direncanakan akan melakukan isolasi mandiri di Balai Diklat Talu, Kecamatan Talamau, Pasaman Barat.

“Hingga hari ini [10/9] total pasien positif covid-19 Kabupaten Pasaman Barat 31 orang, 18 orang diantaranya sudah sembuh,” jelasnya.

Pasca ditemukan penambahan kasus baru ini, Satgas langsung melakukan tracing terhadap orang yang kontak dengan tiga orang pasien positif tersebut dan akan dilakukan swab untuk memutuskan penyebaran covid-19.

Advertisement

Ditambahkannya, sebelumnya ada sepuluh dokter yang bekerja di RSUD dan Puskesmas Sukomananti Pasbar yang dinyatakan positif covid-19, namun saat ini kesepuluh dokter tersebut sudah sembuh dan sudah keluar dari RSUD.

“Masyarakat diminta tetap patuhi protokol kesehatan covid-19 dan jaga jarak,” tambahnya.

Sementara itu, Jubir Tim Teknis Dinkes Kabupaten Pasaman Barat, dr Gina Alecia saat ditemui Aliansi Jurnalis Online (AJO) Pasbar usai penyampaian informasi dari Bupati tersebut menambahkan bahwa berdasarkan laporan yang diterima, kondisi kesehatan seluruh pasien positif saat ini “sangat stabil”. Pasien saat ini ada yang diisolasi di RSUD Pasaman Barat, dan ada yang di Balai Diklat Talu.

Ditambahkan Gina, berdasarkan perkembangan yang ada, Satgas akan terus melakukan tracing terhadap masyarakat atau orang yang kontak dengan pasien positif dan pelaku perjalanan.

“Masyarakat diminta jujur dalam memberikan informasi dan kondisi kesehatan, jika ada gejala segera melapor,” himbau Gina.

Reporter: Zoelnasti
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*