Pelaku Penganiayaan dengan Dodos Masih Diobservasi Kejiwaannya di RSJ Padang

Pelaku penganiayaan sedang diamankan untuk dibawa ke RSJ Saanin Padang (dok. KM)
Pelaku penganiayaan sedang diamankan untuk dibawa ke RSJ Saanin Padang (dok. KM)

PASAMAN BARAT, SUMBAR (KM) – Seorang pria berinisial Z (46), warga Jorong Lubuk Gadang, Nagari Parit, Kecamatan Koto Balingka, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), nekat menganiaya M (52) dengan pisau dodos hingga meninggal dunia.

Peristiwa berdarah itu terjadi secara tiba-tiba, di mana M saat itu berada di tepi jalan Raya Jorong Lubuk Gadang.
Tanpa diduga-duga korban didatangi pelaku (Z) yang saat itu sedang membawa alat panen sawit berupa dodos.

Pelaku berlari ke arah korban dan kemudian menusukkan dodos itu ke arah korban sehingga mengenai lehernya. Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 17.00 WIB, Sabtu 8/8 lalu.

Warga yang melihat kejadian itu berusaha menyelamatkan korban dan mengamankan pelaku agar tidak meneruskan aksinya.

Pelaku dan senjata yang digunakannya diamankan, selanjutnya warga membawa korban ke Puskesmas Parit untuk mendapatkan pertolongan, namun malang tak bisa ditolak, nyawa korban tidak dapat diselamatkan.

Kapolres Pasbar AKBP Sugeng Hariyadi melalui Kapolsek Sungai Beremas Iptu Alfian Nurman ketika dikonfirmasi Jumat 14/8 membenarkan peristiwa penganiayaan tersebut.

“Kasus ini dalam proses penyidikan oleh penyidik sesuai dengan Laporan Polisi Nomor: LP/ 076/ VIII / 2020/ Sek SB tanggal 8 Agustus 2020,” terang Alfian.

Advertisement

Dikatakan Alfian, tersangka telah diamankan dan Senin 10/8, pelaku kemudian dibawa ke RSJ Saanin Padang untuk pemeriksaan apakah yang bersangkutan mengalami gangguan kejiwaan.

Alfian mengungkapkan, pelaku diduga mengalami depresi alias stres hingga nekat melakukan penusukan ke leher korban yang sedang berada di tepi jalan secara tiba-tiba. Berdasarkan hal tersebut dan dari tingkah lakunya, maka tersangka dibawa ke RSJ untuk diperiksa kesehatan jiwanya karena diduga ada gangguan kejiwaan.

“Sebelum insiden penusukan terjadi, secara tiba-tiba pelaku berlari ke arah korban dan langsung dengan menggunakan dodos menusuk leher korban, korban tak menyangka hingga tak sempat melakukan perlawanan, warga yang melihat kejadian itu segera mengamankan pelaku agar tidak meneruskan aksinya,” jelas Iptu Alfian.

“Kita membawa tersangka ke RSJ Padang pada hari Senin (10/8) lalu, di RSJ pelaku akan diperiksa sekitar 15 hari. Jika selesai pemeriksaan kesehatan jiwanya, kasusnya tetap berlanjut ke pengadilan, selanjutnya kita tunggu keputusan hakim,” jelas Iptu Alfian.

Reporter: Zoelnasti
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*