Pasangan Independen Agus-Romi Lolos Persyaratan Administrasi Pilkada Pasaman Barat

Rapat Pleno terbuka KPU Pasaman Barat, Jumat 21/8/2020 (dok. KM)
Rapat Pleno terbuka KPU Pasaman Barat, Jumat 21/8/2020 (dok. KM)

PASAMAN BARAT, SUMBAR (KM) – Pasangan Bakal Calon Independen Pilkada Pasbar, Agus Susanto dan Romi Candra resmi lolos dari proses verifikasi berkas syarat dukungan. Agus-Romi dipastikan bisa mendaftar Pilkada Pasbar dan mengikuti Pendaftaran Calon Peserta Pilkada pada 4-6 September 2020 mendatang melawan pasangan lainnya dari jalur partai politik.

Proses verifikasi berkas syarat dukungan ini diputuskan pada rapat pleno tingkat Kabupaten KPU Pasbar Jumat 21/8 di Hotel Guci Simpang Empat Pasbar.

Berkas syarat Agus-Romi terhitung berjumlah 24.434 dukungan, melebihi syarat yang ditentukan, yakni dari total syarat dukungan minimal 21.312 dukungan.

Hal itu disampaikan oleh ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasaman Barat, Alharis, dalam rapat pleno terbuka hasil verifikasi rekapitulasi faktual perbaikan syarat bakal Paslon pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pasaman Barat tahun 2020.

“Jumlah dukungan tahap perbaikan memenuhi syarat, 10.548 dukungan. Sedangkan jumlah dukungan sebelum perbaikan, tahap awal 13.886 dukungan sehingga bapaslon Agus-Romi menjadi 24.434 dukungan, dan dukungan untuk Bacalon Agus Susanto-Romi Candra ini juga tersebar di 11 kecamatan se Kabupaten Pasaman Barat,” ujar Alharis usai rapat pleno.

“Dengan demikian Pasangan bakal calon Agus Susanto-Romi dinyatakan memenuhi syarat, hingga pada tahap pendaftaran nanti tanggal 4-6 September bakal calon kepala daerah dari jalur perseorangan diwajibkan memenuhi persyaratan lainnya saat mendaftarkan diri ke KPU Pasbar dan syarat harus sudah lengkap ketika mendaftar,” tambahnya.

“Kalau tahapan kali ini, syarat yang tidak lengkap bisa diperbaiki, tapi nanti kalau tahap pencalonan 4-6 September 2020 mendatang, syarat harus sudah lengkap saat mendaftar,” tegasnya.

Advertisement

Sementara itu, Calon Pasangan Perseorangan Bupati Pasaman Barat Agus Susanto didampingi pasangannya Romi Candra saat dikonfirmasi oleh wartawan mengaku “bangga dan terharu” bisa lolos tahap verifikasi faktual rekapitulasi perbaikan syarat bakal paslon pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pasaman Barat.

“Alhamdulilah tahap demi tahap sudah kita lalui dari verifikasi administrasi hingga verifikasi faktual hari ini,” ujar Agus

Menurut Agus, dukungan atau kepercayaan dari masyarakat kepadanya telah mengukir sejarah, sebab ini pertama kali calon bupati dan wakil bupati Pasaman Barat dari jalur independen resmi lolos memenuhi syarat dukungan dengan total 24.434 dukungan. “Mitos yang selama ini sebagian pesimis akan tampilnya kandidat indepeden terjawab sudah, alhamdulillah hari ini terwujudlah independen di Pasaman Barat,” katanya.

Selanjutnya tanpa membuang-buang waktu lagi, Agus Susanto yang didampingi Romi Candra mengatakan, pihaknya akan segera melakukan konsolidasi dengan tim dan semua pihak untuk merapatkan barisan dalam menghadapi Pilkada Pasaman Barat pada 9 Desember 2020.

“Terimakasih kepada masyarakat yang telah memberikan dukungan dan ucapan terimakasih juga kepada para relawan, tim, dan LO yang telah bekerja sama selama ini tanpa lelah, dan juga kepada insan pers Pasbar yang telah membantu kami melalui pemberitaannya selama ini ” ucap Agus yang didampingi Romi.

Reporter: Zoelnasti
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*