Banyak Dokter Positif Covid-19, Ratusan Masyarakat Pasbar Kembali Diswab

Puskesmas Sukomenanti, Pasbar (dok. KM)
Puskesmas Sukomenanti, Pasbar (dok. KM)

PASAMAN BARAT, SUMBAR (KM) – Ada dugaan ratusan orang yang kontak dengan dokter positif covid-19 di Pasaman Barat sejak hasil swab yang diumumkan oleh pemerintah kabupaten pada Sabtu 29/8.

Saat itu, diumumkan bahwa 10 orang dokter positif covid-19 di Rumah Sakit Umum Daerah kabupaten Pasbar dan Puskesmas Sukamenanti.

Berdasarkan hal tersebut dan juga berdasarkan dari hasil tracing, terdapat sekitar enam ratus orang yang diduga kontak dengan dokter positif covid-19 tersebut.

Pihak Puskesmas Sukomenanti Aua Kuniang Kecamatan Pasaman pun melakukan swab terhadap ratusan petugas medis di puskesmas dan masyarakat yang pernah kontak dengan sepuluh orang dokter positif covid-19 Senin 31/8.

Menyikapi banyak petugas dan masyarakat yang akan diswab, satgas dan petugas Dinkes Kabupaten Pasaman Barat pada kegiatan tersebut mengatur jarak dan membagi lokasi swab di dua lokasi, yakni di lingkungan RSUD Pasbar dan Puskesmas Sukomananti. Langkah tersebut diambil untuk mengatur jarak dan mengurangi kerumunan orang.

Di tempat yang sama juru bicara tim Teknis Dinkes Kabupaten Pasbar, dr. Gina Alecia mengatakan, berdasarkan data sementara hasil tracing dari sepuluh dokter positif covid-19 tersebut diduga terdapat ada sekitar enam ratus orang yang kontak, baik dari sesama petugas medis, keluarga dan pasien yang ditangani oleh para dokter tersebut.

Advertisement

Menurutnya, Satgas terus melakukan tracing dan testing untuk memastikan masyarakt terbebas dalam memutus penyebaran covid-19.

Dikatakan Gina, Satgas juga melakukan pelacakan terhadap tempat tinggal dan lingkungan seluruh dokter, termasuk juga kediaman satu orang warga Pasbar asal Kecamatan Ranah Batahan yang positif kemarin.

“Hingga hari ini, petugas sudah berhasil melakukan tracing sekitar enam ratus orang yang kontak dengan pasien positif,” terang Gina.

“Satgas akan terus melakukan swab terhadap masyarakat yang kontak dengan seluruh pasien positif, dan hasilnya akan dilanjutkan dengan swab, untuk itu kita minta agar masyarakat melapor apabila pernah kontak atau ada gejala Covid – 19 termasuk juga bagi pelaku perjalanan,” tutup Gina.

Reporter: Zoelnasti
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*