Respon Perkembangan Covid-19, Pengusaha Wedding Organizer ini Merambah ke Bisnis Katering

Potong tumpeng peresmian katering Al Amanah di Cipayung, Jakarta Timur, Jumat 3/7/2020 (dok. KM)
Potong tumpeng peresmian katering Al Amanah di Cipayung, Jakarta Timur, Jumat 3/7/2020 (dok. KM)

JAKARTA TIMUR (KM) – Pengusaha pendiri CV Al Matra, Rika Kartika Sari, meluncurkan unit usaha di bidang kuliner yang diberi nama Al Amanah Catering di kantornya yang beralamat di Jalan Pelatnas PBSI Kav. DKI Blok I/3 Kelurahan Cipayung, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, Jumat 3/7.

Acara tersebut digelar dalam suasana syahdu yang diawali dengan pembacaan ayat suci Alquran, sari tilawah, sambutan dari jajaran manajemen, ketua RW setempat, pembacaan doa dan dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng dan ditutup dengan pembagian santunan dan bingkisan untuk 20 orang anak yatim dari lingkungan sekitar.

Rika Kartika Sari dalam sambutannya berharap agar unit usaha barunya di bidang catering ini dapat diterima dan mendapat dukungan dari semua pihak sehingga bisa turut berkontribusi meningkatkan perekonomian karyawan dan lingkungan sekitar.

Fajri, Ketua RW 08 Kelurahan Cipayung dalam kesempatannya menyampaikan ucapan selamat atas launchingnya Al Amanah Catering, dirinya juga berterima kasih atas santunan yang diberikan kepada anak-anak yatim dari lingkungan sekitar. “Semoga usaha cateringnya sukses dan membawa keberkahan bagi orang banyak,” ujarnya.

Sementara itu, Chief of Operasional CV Al Matra, Agus Suhendar, saat diwawancarai usai acara menjelaskan lebih rinci bahwa
CV Al Matra pada awalnya hanya bergerak di bidang wedding organizer.

“Belakangan ini karena situasi covid dan banyak pekerjaan yang terpending serta mempertimbangkan situasi yang mudah-mudahan akan segera membaik, akhirnya kita coba buat terobosan dengan Al Amanah Catering untuk menjaga agar perusahaan tetap eksis,” ungkap Agus Suhendar yang akrab dipanggil Abah ini.

“Jadi Almatra sebagai cikal bakal, dan Al Amanah sebagai unit usahanya. Insya Allah catering ini akan beroperasi setiap hari. Ada sekitar 20 menu untuk makan siang dan makan malam, ini semua untuk tambahan biaya operasional yang juga sebagai upaya agar tidak ada karyawan kami yang di PHK, mudah-mudahan justru melalui catering ini bisa lebih membuka kesempatan tenaga kerja baru,” lanjut Abah.

Advertisement

Untuk legalitas Al Amanah Catering, Abah menerangkan bahwa saat ini masih bernaung dibawah CV Almatra yang sudah berdiri sejak 2010. Adapun visi misi dari Al Amanah catering agar kedepan bisa menjadi dapur besar bagi masyarakat yang ingin membuka usaha dibidang kuliner.

“Pelanggan Kami saat ini adalah mereka yang sudah sejak awal bermitra dengan Almatra, karena sejak awal kami sudah memiliki tukang masak sendiri dalam setiap event wedding yang dikerjakan. Alhamdulillah kita saat ini ada 12 pegawai tetap, dan biasanya kami gunakan jasa freelance bila ada order besar,” kata Abah.

“Promosi dan melebarkan sayap melalui jaringan Al Matra yang sudah terbangun terus kami lakukan, dan pabrik juga menjadi salah satu target market kami, selain itu target utama dalam radius 3 kilometer adalah agar masyarakat mengetahui akan keberadaan Al Amanah catering. Kita juga memberikan servis pembayaran dengan semua akses pembayaran, dan untuk radius 3 km diberikan jasa delivery,” paparnya lagi.

“Dengan motto Service Like Family, yaitu melayani pelanggan layaknya keluarga, kami berharap tentunya banyak customer yang datang menikmati hidangan Al Amanah, kualitas yang diberikanpun setara dengan kualitas wedding dengan harga yang terjangkau,” terangnya.

“Insya Allah katering Al Amanah nantinya akan berubah menjadi dapur, jadi kita hanya paling banyak punya 5 storage seperti ini, selebihnya kita akan menopang dapur bagi masyarakat yang ingin buka bisnis kuliner dan namanya tidak mesti pakai Al Amanah, kita akan support, mereka cukup sediakan tempat dan alat saja, tidak lagi perlu mikir modal awal dagangnya,” pungkasnya.

Reporter: Sudrajat
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*