Kantor Pos Parungpanjang Bantah Potong Uang BST Covid-19 Sebesar Rp200.000

Kantor Pos Parungpanjang (dok. Google Street View/KM)
Kantor Pos Parungpanjang (dok. Google Street View/KM)

BOGOR (KM) – Laporan masyarakat Desa Jagabita, Kecamatan Parungpanjang, Kabupaten Bogor, menyampaikan dugaan bahwa uang Bantuan Sosial Tunai (BST) untuk warga terdampak pandemi covid-19 dipotong sebesar Rp200.000.

Seorang warga yang tidak ingin identitasnya diketahui, sebut saja AL, mengungkapkan kepada wartawan kupasmerdeka.com bahwa uang BST dari bulan Mei – Juni – Juli 2020, yang seharusnya total Rp1.800.000, hanya diterima sebesar Rp1.600.000 karena dipotong Rp200.000.

“Masyarakat kita di RT Bapak Herman 06, RW 05, mendapatkan bantuan uang BST untuk masyarakat yang terdampak covid-19 dari bulan Mei sampai Juli 2020, hanya Rp1.600.000. Kan sesuai informasi, seharusnya mendapatkan Rp1.800.000, ini pasti dikorupsi atau dipotong Rp200.000,” ungkap AL, Senin malam 20/7.

AL menduga potongan uang dengan jumlah Rp200.000 itu untuk Kantor Pos Parungpanjang sendiri dan untuk RT setempat.

“Uang yang dipotong dengan jumlah Rp200.000 saya menduga untuk Kantor Pos sendiri yaitu supirnya yang mengantarkan ke rumah warga dan untuk RT setempat,” tambahnya.

Advertisement

Sementara itu, kepala Kantor Pos Parungpanjang, Eben, membantah laporan tersebut. Ia mengaku tidak memotong dan tidak memerintahkan sama sekali untuk mengurangi uang BST kepada jajarannya atau supir pengantar.

“Waduh tidak benar itu mas, saya sebagai kepala kantor pos di Parungpanjang tidak memerintahkan dan melakukan untuk memotong uang BST tersebut, sebab uang ini amanah dari pemerintah pusat untuk masyarakat,” ujar Eben.

Hal senada diungkapkan Wahyu, salah satu supir yang mengantarkan uang BST ke rumah-rumah warga di Desa Jagabita. Ia mengaku memang menerima uang dari warga, tapi tidak meminta, melainkan “diberikan seikhlasnya” oleh masyarakat.

“Saat saya memberikan uang-uang BST untuk masyarakat di Desa Jagabita, saya tidak meminta uang upah melainkan saya dikasih oleh masyarakat dengan seikhlasnya,” ungkapnya.

Reporter: HSMY
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*