Dapat Apresiasi, Warga Minta Pemprov Bengkulu Manfaatkan DID Tambahan Rp12 M “Sebaik Mungkin”

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah saat acara HUT ke-140 Kota Curup, Kabupaten Rejang Lebong Sabtu 30/5/2020 (dok. KM)
Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah saat acara HUT ke-140 Kota Curup, Kabupaten Rejang Lebong Sabtu 30/5/2020 (dok. KM)

BENGKULU (KM) – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu mendapatkan penghargaan berupa pengucuran Dana Insentif Daerah (DID) Tambahan senilai Rp12 miliar lebih. Penghargaan tersebut diperoleh dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI atas kinerja percepatan penanggulangan covid-19.

DID tersebut diterima Pemprov Bengkulu bersama 4 provinsi lain di pulau Sumatera, yakni Sumatera Barat, Lampung, Jambi, Bangka Belitung, karena dianggap memiliki kinerja baik dalam upaya penanganan dan pencegahan pandemi covid-19 sesuai yang diharapkan pemerintah pusat.

Prestasi yang diperoleh Pemprov tersebut turut diapresiasi masyarakat Provinsi Bengkulu sendiri, contohnya dari salah seorang warga Bengkulu, Harianto Yan Adri, yang mengakui kinerja Pemprov Bengkulu dalam upaya penanganan pencegahan covid-19. Kepada media KM Sabtu 27/7, ia mengatakan bahwa prestasi yang diperoleh tersebut tidak lepas dari “arah kepemimpinan Gubernur pada saat ini.”

“Penanganan pencegahan covid-19 di Provinsi Bengkulu cukup baik, pemerintah pun tidak pernah lelah selalu mengingatkan masyarakat untuk berperilaku hidup sehat dan selalu waspada serta menggunakan protokol kesehatan di setiap pelayanan publik, ini cukup baik dan patut kita berikan apresiasi,” kata Harianto.

Pria yang kesehariannya bekerja sebagai petani itu juga menyampaikan sedikit harapannya kepada Pemprov agar yang selama ini sudah dilakukan tetap dipertahankan dan Pemprov supaya menggunakan dana yang diperoleh dari Pemerintah Pusat tersebut agar digunakan pada program yang benar-benar bersentuhan dan dirasakan langsung oleh masyarakat Provinsi Bengkulu.

Advertisement

“Dana insentif daerah sebesar 12 miliar yang diperoleh tersebut agar kiranya dapat digunakan kepada program yang betul-betul bisa memulihkan kondisi ekonomi, bisa mengatasi persoalan-persoalan ekonomi, persoalan masyarakat, menurut saya ini suatu apresiasi yang sangat positif dan sangat ril,” harapnya.

Diketahui, selain Pemprov Bengkulu, ada tiga kabupaten yang juga mendapatkan dana insentif dari Kementerian Keuangan atas kinerja penanganan covid-19, yakni Kabupaten Bengkulu Tengah, Kabupaten Seluma dan Kabupaten Lebong.

DID Tambahan tahap I ini diberikan kepada Pemerintah Daerah terpilih untuk mendukung percepatan pemulihan perekonomian di daerah. Hal ini berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 87 Tahun 2020 tentang Pengelolaan DID Tambahan TA 2020. Dengan rincian pemberian penghargaan kepada provinsi/ kabupaten/ kota sebesar Rp168 M khusus pemenang Lomba Inovasi Video Tatanan Baru yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri serta Rp1,9 triliun untuk daerah dengan Penilaian Kinerja terbaik penanggulangan covid-19.

Reporter: Th.Tajarman
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*