Pemdes Sei Dua Hulu Salurkan BLT kepada 104 KK Terdampak Covid-19

Kepala Desa Sei Dua Hulu, Sumardi Nasution (kedua kiri) didampingi sekretaris desa dan kepala dusun saat menyerahkan BLT DD tahap 2 kepada warga lansia yang kurang mampu di Desa Sei Dua Hulu, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Asahan, Selasa 16/6/2020 (dok. KM)
Kepala Desa Sei Dua Hulu, Sumardi Nasution (kedua kiri) didampingi sekretaris desa dan kepala dusun saat menyerahkan BLT DD tahap 2 kepada warga lansia yang kurang mampu di Desa Sei Dua Hulu, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Asahan, Selasa 16/6/2020 (dok. KM)

ASAHAN, SUMUT (KM) – Pemerintah Desa Sei Dua Hulu, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Asahan, kembali menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kedua yang bersumber dari Dana Desa Tahun Anggaran 2020, Selasa 16/6.

Kepala Desa Sei Dua Hulu, Sumardi Nasution menyampaikan kepada media saat ditemui bahwa penyaluran BLT tersebut dilakukan berdasarkan Permendes PDTT 6 tahun 2020 tentang Perubahan Atas Permendesa PDTT 11 tahun 2019 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa tahun 2020.

Adapun jumlah total penerima BLT DD di Desa Sei Dua Hulu sebanyak 104 Kepala Keluarga yang tersebar di 15 dusun.

“Penyaluran BLT DD ini sesuai Permendes, dari jumlah Dana Desa yang diterima berdasarkan ketentuan sehingga penerima berjumlah 104 KK dari 15 dusun,” kata Sumardi.

Mengenai kriteria penerima BLT DD tersebut, Sumardi lanjut menjelaskan bahwa yang menjadi penerima adalah keluarga miskin, orang sakit kronis bertahun-tahun, dan orang kehilangan pekerjaan karena pandemi covid-19 namun tidak termasuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan Pemerima Program Keluarga Harapan (PKH).

Mengenai mekanisme penyaluran, Sumardi mengatakan bahwa pihaknya menyalurkan dengan diambil oleh penerima di balai desa serta ada juga yang diantar langsung ke rumah warga.

Advertisement

“Bagi yang mampu dan sanggup menjemput, kita berikan di Balai Desa, bagi yang uzur, sakit dan lansia, kita antar langsung ke rumahnya,” lanjut Sumardi.

Sumardi berharap dengan adanya BLT DD tersebut, dapat meringankan sedikit beban ekonomi masyarakatnya terutama didalam situasi pandemi saat ini. Ia juga berpesan agar uang yang diterima digunakan untuk memenuhi kebutuhan pokok bukan yang lainnya.

“Semoga BLT ini dapat menolong masyarakat saya dalam situasi ini, dan sebaiknya dipergunakan untuk yang penting-penting” pungkas Sumardi.

Sementara itu secara terpisah saat ditemui, Ridwansyah Nasution, salah seorang penerima BLT DD dari Pemdes Sei Dua Hulu mengaku sangat terbantu dengan adanya BLT tersebut. Dalam kondisi pandemi covid-19, ia kehilangan pekerjaannya sebagai pekerja seni yang menjadi sumber penghasilan keluarganya.

“Syukurlah ada BLT ni, kok tidak gawatlah kurasakan. Karena covid, aku tak bisa menyanyi, karena acara-acara kermaian dilarang, anak banyak, sementara kami bukan penerima PKH ataupun BPNT, mudah-mudahan cepat lah berakhir pandemi ini” ungkap Ridwansyah.

Reporter: RBB
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*