Lebih dari 10 Ribu Sekolah di Jawa Barat Belum Terima Dana BOS Tahap 2

SDN Cimandala 03, Kabupaten Bogor (dok. KM)
SDN Cimandala 03, Kabupaten Bogor (dok. KM)

BOGOR (KM) – Sebagian sekolah di wilayah Kabupaten Bogor telah menerima pencairan dana BOS tahap 2 tahun anggaran 2020. Namun beberapa sekolah belum juga menerima dana tersebut. Salah satunya Sekolah Dasar Negeri Cimandala 03, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor.

Keterlambatan pencairan dana BOS yang berlarut-larut tersebut sontak membuat pusing para kepala sekolah, dikarenakan dana tersebut memang bersentuhan langsung dengan kegiatan operasional sekolah.

Nunung, Kepala SDN 03 Cimandala saat dikonfirmasi terkait dana BOS yang tak kunjung cair mengatakan kepada kupasmerdeka.com Jumat 12/6 membenarkan kabar tersebut.

“Betul sekolah kami belum mendapatkan pencairan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) tahap 2 tahun 2020, padahal laporan penggunaan dana per komponen tahap pertama sudah selesai namun tahap kedua belum juga cair,” ucapnya.

Advertisement

“Adapun pihak sekolah justru meng-handle gaji para honorer di bulan Mei dan Juni,” sambungnya.

Sementara itu, saat dikonfirmasi terkait keterlambatan pencairan dana BOS tahap 2 tahun 2020, manajer BOS Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, Atis, mengaku bahwa ada “kendala” pada sistem di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan di Kementerian Keuangan.

“Dari hasil evaluasi kemarin untuk Jawa Barat saja masih ada 10.164 sekolah yang belum tersalurkan tahap 2. Karena ada kendala di sistem Kemdikbud dan Kemenkeu, targetnya minggu depan baru bisa tersalurkan,” pungkasnya.

Rrporter: Budi/Efri
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*