Kanwil Kemenag Bengkulu Selatan Koordinasikan Sosialisasi Imbauan Menag Soal New Normal dalam Ibadah dan KUA

Kakanwil Kemenag Kabupaten Bengkulu Selatan saat mengumpulkan para penyuluh agama di Kabupaten Bengkulu Selatan, Senin 22 Juni 2020 (dok. KM)
Kakanwil Kemenag Kabupaten Bengkulu Selatan saat mengumpulkan para penyuluh agama di Kabupaten Bengkulu Selatan, Senin 22 Juni 2020 (dok. KM)

BENGKULU SELATAN (KM) – Dalam rangka memastikan Surat Edaran Menteri Agama No. 15 tahun 2020 tersosialisasikan dengan baik di tengah masyarakat, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Bengkulu Selatan Arsan Ibrahim turun ke 11 kecamatan di Kabupaten Bengkulu Selatan.

Pihaknya sengaja mengumpulkan para penyuluh agama di wilayah Kabupaten Bengkulu Selatan tersebut guna memastikan Surat Edaran terkait new normal itu tersosialisasi dengan baik.

Ketika ditemui di ruang kerjanya oleh wartawan KM Senin 22/6, Arsan menjelaskan bahwa ia sengaja mengumpulkan para penyuluh untuk memastikan Surat Edaran tersebut tersosialisasikan dengan baik di tengah masyarakat.

“Adapun bunyi dari surat edaran tersebut adalah tentang pengaturan penyelenggaraan kegiatan keagamaan di rumah ibadah dalam mewujudkan masyarakat produktif dan aman covid-19 di masa pandemi. Dalam melaksanakan ibadah di masjid diwajibkan jamaah dalam kondisi sehat, cuci tangan, menjaga jarak dan menggunakan masker serta membawa sajadah sendiri,” jelasnya.

Advertisement

Ditambahkan olehnya bahwa untuk layanan nikah di era new normal ini masyarakat bisa mendaftarkan permohonan akad nikah secara online. “Untuk pendaftaran permohonan akad nikah, silahkan masyarakat bisa juga mendaftar secara online melalui web kami di simkah.kemenag.go.id,” kata Arsan.

“Sedangkan untuk pelaksanaan akad nikah bisa dilakukan di KUA atau rumah dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yaitu maksimal 10 jamaah yang hadir pada saat akad nikah di dalam satu ruangan, menggunakan masker, dan tetap menjaga jarak antar jamaah,” tutupnya.

Reporter: Tajar
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*