Kades Kotabatu Ciomas Dituding Bangun “Politik Dinasti”

Kantor Desa Kotabatu, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor (dok. KM)
Kantor Desa Kotabatu, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor (dok. KM)

BOGOR (KM) – Pemerintah Desa Kotabatu, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor, beberapa hari lalu sempat dihebokan dengan pembangunan kantor LPM yang didanai warga dan pihak swasta dengan menggunakan proposal. Kini, Kepala Desa (Kades) Kota Batu, Ratna, kembali menjadi sorotan lantaran dituding sedang membangun “sistem politik dinasti” di wilayahnya, dengan jabatan perangkat desa diduduki oleh anak dan menantunya.

Tidak hanya mengangkat menantu sebagai aparat desa, ada juga anak kandungnya yang menduduki staf desa dan suaminya sebagai anggota LPM.

Sang kades juga mengangkat beberapa tim suksesnya ketika ia menang di Pilkades beberapa pekan lalu, guna mengisi jabatan strategis di desa yang dipimpinnya, seperti ketua BPD yang tidak lain dijabat oleh pamannya sendiri.

Advertisement

Beberapa sumber mengatakan, menantu yang dipekerjakan di desa tersebut merupakan warga luar Desa Kotabatu, bahkan berdomisili di Kecamatan Cijeruk.

“Ada salah satu keluarga Kades, mungkin bisa disebut menantu kades, yang dipekerjakan di Desa Kotabatu, dan anak kandung kades, tapi domisili nya bukan di wilayah Desa Kotabatu, Kecamatan Ciomas, tapi di Kecamatan Cijeruk. Kenapa mesti di luar pemerintahan Desa Kotabatu ngambil staf desa? Apa gara-gara anak mantu jadi seenaknya […] jangan-jangan mau bangun politik dinasti di pemerintahan sekarang,” ucap seorang warga Kotabatu yang enggan disebutkan namanya kepada KM Senin siang 29/6.

Hingga berita ini diterbitkan, KM belum menerima tanggapan dari Kades Ratna.

Reporter : Budi/Efri
Editor : HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*