Gotong Royong, Warga Desa Sukamaju Cigudeg Berhasil Rampungkan Jembatan yang Hubungkan 5 Kampung

(dok. KM)
(dok. KM)

BOGOR (KM) – Puluhan warga Desa Sukamaju, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor, bergotong royong membangun jembatan yang melintasi sungai untuk menghubungkan Kampung Ciasahan, Kampung Cigowong, Kampung Cikaret, Kampung Nanggung dan Kampung Babakan.

Mulyadi, salah seorang relawan yang ikut serta dalam pembangunan tersebut mengatakan bahwa pihaknya terdiri dari kurang lebih 20 orang. “Alhamdulilah ada penyemangatnya Bapak Tedi selaku ketua RT 01 RW 03 yang mendorong pembangunan akses jembatan ini,” katanya.

“Alhamdulillah ketua RT/RW sudah mendukung penuh bahkan ikut serta turun ke lapangan untuk membantu terlaksananya pembangunan jembatan gantung ini dengan material seadanya dari pohon kelapa. Dan telah menghabiskan pohon kelapa sekitar 24 pohon,” tutur Mulyadi.

“Awalnya kita sudah pernah membangun jembatan sementara dan kemarin-kemarin kena banjir, alhamdulillah sekarang sudah kita bisa bangun lagi, sudah normal lagi.”

Advertisement

Ia juga menerangkan bahwa jembatan tersebut merupakan hasil swadaya warga.

“Terkait dengan anggaran, ini hasil swadaya dan kita tidak [memungut] itu hanya keihklasan dari warga. Adapun jembatan ini sudah bisa dilalui oleh roda dua maupun roda empat, kami tidak minta dan tidak [memungut] ataupun memaksa kepada warga yang melintas, hanya kebijakan mereka saja ada yang ngasih dan ada juga yang tidak, itu tidak ada paksaan dari kami, ikhlas dan kami cuman mengharapakan pengertian aja dari pihak warga yang melintas,” lanjutnya.

Menurutnya, hasil uang dari yang melintas itu untuk perawatan jembatan tersebut. “Karena memang tujuan kami membangun jembatan ini untuk masyarakat,” jelasnya.

Reporter: Efri, Epay
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*