Wali Kota Bogor Pimpin Penertiban PKL Jalan Pedati-Seketeng

Wali Kota Bogor Bima Arya saat penertiban PKL Jalan Pedati-Saketeng Pasar Bogor, Selasa 26/5/2020 (Istimewa)
Wali Kota Bogor Bima Arya saat penertiban PKL Jalan Pedati-Saketeng Pasar Bogor, Selasa 26/5/2020 (Istimewa)

BOGOR (KM) – Hari pertama masuk kerja Aparatur Sipil Negara (ASN) pasca libur Idul Fitri 1441 Hijriah, Wali Kota Bogor, Bima Arya langsung memimpin penertiban lapak Pedagang Kaki Lima (PKL) Pasar Bogor, tepatnya di Jalan Lawang Saketeng dan Jalan Pedati, Kelurahan Gudang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Selasa 26/5.

Bima berharap, selain membuat para pedagang menjadi “lebih nyaman dan aman berjualan”, penertiban tersebut juga agar tidak ada penumpukan pembelanja di tengah pasar. Menurutnya, kedua ruas jalan tersebut menjadi salah satu lokasi penumpukan manusia.

“Hari ini kita turun semua untuk menertibkan dan mengosongkan. Para pedagang juga sudah sepakat untuk ke dalam pasar. Jika sudah ditarik ke dalam Insya Allah akan lebih cair lagi. Itu intinya. Selain itu dengan dibersihkan kedua ruas jalan tersebut untuk mengurangi kemungkinan penularan covid-19,” ungkap Bima.

Bahkan sebelumnya, Bima mengaku menyempatkan diri melihat langsung penataan yang dilaksanakan pada malam takbiran.

Rencananya, tahun ini Kawasan Suryakencana (Surken) akan ditata dari bantuan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, namun terkendala covid-19 sehingga ditunda tahun depan.

Sambil menunggu realisasi penataan kawasan Suryakencana, Bima memerintahkan Dinas PUPR untuk melaksanakan pembongkaran dan pembersihan gorong-gorong atau saluran drainase. Selain ditargetkan untuk penataan Suryakencana, penertiban tersebut dikatakan Bima untuk “memuliakan pedagang dan membuat warga nyaman”.

Sementara itu, untuk menampung para PKL yang ditertibkan, Perumda Pasar Pakuan Jaya Kota Bogor mempersiapkan sedikitnya 700 los.

“Kami siapkan kurang lebih 700 los untuk menampung PKL ke dalam pasar,” ungkap Dirut Perumda PPJ Kota Bogor, Muzakkir.

Dalam penertiban tersebut tampak juga Kasatpol PP Agustian Syah, Kadishub Eko Prabowo, Kepala KUKM Samson Purba, Camat Bogor Tengah Abdul Wahid, Lurah Gudang dan perwakilan dari unsur Forkompinda yaitu Polresta Bogor Kota, Denpom III/I SLW dan Kodim 0606 Kota Bogor bergabung dengan Yonif 315/Grd.

Reporter: Efri
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*