Pemdes Tanjungsari Barat Cikaum Klaim tidak bisa Salurkan BLT dari DD karena Anggaran Sudah Dihabiskan Sebelum turun SE

Kantor Desa Tanjungsari Barat, Kecamatan Cikaum, Kabupaten Subang (dok. KM)
Kantor Desa Tanjungsari Barat, Kecamatan Cikaum, Kabupaten Subang (dok. KM)

SUBANG (KM) – Warga masyarakat Desa Tanjungsari Barat Kecamatan Cikaum, Kabupaten Subang, berharap Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Desa (DD) Desa Tanjungsari Barat agar segera direalisasikan.

Nawi, salah seorang warga Tanjungsari Barat bersama yang lainnya mengatakan bahwa Dana Desa (DD) tahap I di Tanjungsari Barat sudah cair sejak bulan April 2020 sebesar Rp 400jt, tapi kenapa sampai dengan saat ini belum juga direalisasikan untuk BLT DD.

“Kalau mengacu sesuai aturan Permendes PDTT no. 6 Tahun 2020 tentang prioritas penggunan Dana Desa untuk BLT Bantuan Langsung Tunai penanggulangan covid-19, dengan besarannya kan disesuaikan itu pun berdasarkan persentase jumlah penerima,” ungkapnya.

“Padahal untuk Desa Tanjungsari Barat besarannya yaitu 30% dari Rp1,26 milyar, berati berkisar sekitar Rp 400 juta yang akan disalurkan kepada masyarakat kurang lebih 160 KK (Rp1.800.000/KK) yang terdampak wabah virus corona covid-19. Masa desa-desa yang lain sudah dibagikan kenapa di Desa Tanjungsari Barat belum?” tegas Nawi kepada kupasmerdeka.com Sabtu 16/5.

Kepala Desa Tanjungsari Barat, Jenal Mutaqin melalui pesan singkat WA Minggu (17/5) mengungkapkan bahwa Tanjungsari Barat pada awal bulan April lalu memang sudah menerima DD. “Terus dibelanjakan sesuai APBDes 2020, kemudian muncul SE untuk adanya PKTD sebagai bentuk mencegah dampak covid-19,” ungkapnya.

Advertisement

“Lalu Pemdes secepatnya melakukan musyawarah dengan BPD untuk realisasi SE, PKTD tersebut, kemudian setelah itu muncul SE untuk adanya BLT DD, kami tidak bisa realisasikan untuk BLT DD karena uang yang ada tidak mencukupi,” ujarnya.

“Kemudian kami musyawarah lagi dengan BPD dan sepakat untuk menyalurkan BLT DD di tahap 2, sesuai arahan dari Dispemdes bagi desa yang DD nya sudah habis dibelanjakan supaya secepatnya mengajukan pencairan DD Tahap 2 dan itu sudah dilakukan. Sekarang sedang menunggu info pencairan. Mudah-mudahan besok atau lusa ada pencairan dan secepatnya BLT DD secepatnya kami salurkan,” jelasnya.

“Di Kecamatan Cikaum itu ada tiga desa yang akan salurkan BLT DD di tahap 2 yaitu Desa Kawunganten, Desa Sindangsari dan Desa Tanjungsari Barat,” pungkasnya.

Reporter: Udin, Lily Sumarly

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*