Longsor dan Banjir Landa Leuwisadeng, Ratusan Warga Terpaksa Mengungsi

(dok. KM)
(dok. KM)

BOGOR (KM) – Curah hujan yang tinggi mengakibatkan bencana longsor melanda kawasan Bukit Wangun (Pawaja) yang terletak tepat di atas pemukiman penduduk Kampung Suluduk, Desa Wangunjaya, Kecamatan Leuwisadeng, Kabupaten Bogor. Bencana longsor terjadi Selasa 12/5 malam, sekitar 23.00 WIB.

Bencana longsor itu mengakibatkan 14 rumah warga mengalami rusak berat akibat tertimbun material longsor, sedangkan 41 lainnya rusak ringan dan sedang. Sebanyak 242 jiwa terpaksa harus dievakuasi ke tempat yang lebih aman.

Plt Camat Leuwisadeng Hendarsah mengatakan bahwa sekitar jam 4.00 WIB dinihari terjadi longsor susulan berserta banjir.”Pukul 5.20 WIB banjir lagi, sehingga menelan korban jiwa satu orang dan beberapa hewan ternak mati tertimbun. Untuk kerugian material belum dapat disebutkan,” ucapnya kepada awak media Rabu 13/5.

Advertisement

“Longsor juga mengakibatkan putusnya akses antara Kampung Suluduk, Desa Wangunjaya menuju Kampung Gunung Dahu, Desa Sadeng Kolot, Kecamatan Leuwisaseng,” tegas Hendarsah.

“Korban yang tertimbun sudah berhasil dievakuasi Rabu 13/5 sekitar jam 11.00 WIB oleh tim gabungan masyarakat Polri, TNI, BPBD Kabupaten Bogor. Kapolres Bogor AKBP Roland Ronaldi, yang datang ke lokasi mengapresiasi kerja tim gabungan yang telah berhasil mengevakuasi korban tewas yang diketahui bernama Samsu (40).

“Selanjutnya kita akan buat posko penampungan korban longsor dan mengimbau agar masyarakat menjauhi lokasi yang dikhawatirkan terjadi longsor susulan,” tegas Roland.

Reporter: Efri
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*