Kelulusan Siswa-siswi SMK Negeri 1 Paniai Diumumkan Secara Online

Kepala sekolah SMK N 1 Paniai, Yuliton Degei, staf guru dan siswa foto bersama usai dengar pengumuman kelulusan (dok. KM)
Kepala sekolah SMK N 1 Paniai, Yuliton Degei, staf guru dan siswa foto bersama usai dengar pengumuman kelulusan (dok. KM)

PANIAI (KM) – Kepala SMK Negeri 1 Paniai, Yuliton Degei, mengatakan bahwa sistem online merupakan salah satu jawaban dari sekian tantangan pendidikan SMK era revolusi industri IT. Tahun ini sebanyak 47 siswa-siswi SMKN 1 Paniai telah mendengar hasil USBN & UNBK secara online pada Sabtu 2/5 kemarin di Paniai.

“Tahun kemarin kelulusan di SMK Negeri 1 Paniai dilaksanakan secara manual tetapi tahun ini kami membuat terobosan baru yaitu dengar kelulusan secara online,” ujar Yuliton kepada KM semalam.

Ia menerangkan, kelulusan siswa SMKN 1 Paniai itu diumumkan secara online untuk menghindari tatap muka di tengah pandemi virus corona covid-19.

“Kami umumkan hari ini, 2 Mei 2020 pukul 12:00 WIT adalah tanggal kelulusan. Ini telah ditentukan sesuai dalam Peraturan Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 5 Tahun 2020 tentang Spesifikasi Teknis, Bentuk,dan Tata Cara Pengisian Blangko Ijazah Pendidikan Dasar dan Menengah Tahun Pelajaran 2019/2020 yang sudah disepakati pada 20 April lalu. Kelulusan dituangkan melalui surat keterangan lulus dan ditandatangani oleh kepala sekolah,” katanya.

Kelulusan para pelajar tersebut didasarkan pada nilai rapor, nilai USBN dan hasil UNBK selama menjalani proses pembelajaran di SMK Negeri 1 Paniai.

“SMKN 1 Paniai adalah satu-satunya sekolah tingkat menengah kejuruan yang menyediakan jurusan-jurusan bergengsi di kalangan kaum milenial. Jurusan-jurusan tersebut adalah Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan, Teknologi Laboratorium Medik, Geologi Pertambangan dan Teknik Bangunan Konstruksi dan Properti,” paparnya.

Advertisement

“Semoga bisa menginspirasi berbagai lembaga pendidikan khususnya yang berada di Kabupaten Paniai, juga sebagai jawaban atas sekian banyak tantangan SMK di era revolusi industri teknologi IT,” harapnya.

Hal itu dibenarkan juga oleh operator SMKN 1 Paniai Antonius Yogi.

“Terobosan ini layak diapresiasi karena hanya SM N 1 Paniai yang menawarkan berbagai jurusan yang bernilai mutu. Meskipun Paniai dikenal dengan kota yang tertinggal dan terbelakang tetapi kami lembaga SMKN 1 Paniai telah upayakan hingga bisa memberitahukan kelulusan siswa/i kami secara online,” katanya.

Dirinya pun mengungkap bahwa pengumuman secara online ini dilakukan dengan tujuan agar mengurangi ulah para siswa/i yang biasanya merayakan kelulusan dengan bentuk perayaan yang mengganggu ketertiban masyarakat setempat.

Menurutnya, terobosan dari SMK Negeri 1 Paniai ini harus ditiru oleh sekolah lain, karena lebih “efisisen dan sesuai tuntutan zaman” tutur Antonius.

Dengan pengumuman kelulusan online ini, siswa tinggal mengakses melalui alamat web smknegeri1paniai.sch.id.

“Untuk cara mengaksesnya yaitu masukkan nomor peserta dan tanggal lahir siswa bersangkutan, maka sudah bisa mengetahui lulus atau tidaknya,” jelasnya.

Di samping itu, siswa bisa mencetak surat kelulusan tersebut untuk dilaporkan ke sekolah yang ingin dilanjuti oleh masing-masing siswa.

Reporter: Ernest
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*