Diduga Ada Intervensi Camat, 7 Anggota BPD Desa Bojong Catang SerangYang Terpilih Belum Juga Dilantik

Kantor Desa Bojong Catang, Kecamatan Tunjung Teja,. Serang (dok. KM)
Kantor Desa Bojong Catang, Kecamatan Tunjung Teja,. Serang (dok. KM)

SERANG, BANTEN (KM) – Proses pemilihan penjaringan anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di Desa Bojong Catang, Kecamatan Tunjung Teja telah terlaksana pada 20/03/2020 lalu, namun 7 anggota BPD terpilih   hingga kini tak kunjung dilantik oleh Bupati Serang, Provinsi Banten.

Sumi, salah seorang anggota terpilih mengaku kecewa karena sudah sekian lama tak kunjung dilantik. Padahal, kata Sumi, mekanisme pemilihan sudah dilalui melalui prosedur sebagaimana aturan yang sudah ditetapkan.

“Kami sudah melalui mekanisme yang sudah ditetapkan, kami dipilih secara langsung/aklamasi oleh semua unsur, oleh RT/RW, tokoh masyarakat dan tokoh agama, yang akhirnya kami terpilih. Segala persyaratan sudah kami tempuh untuk mendapatkan SK sudah kami kirim ke camat melalui panitia BPD tapi sampai saat ini blm ada kepastian,” ujar Sumi kepada KM Senin 18/5.

Lambatnya proses pelantikan ketujuh anggota BPD terpilih itu diduga lantaran ada intervensi dari Camat ke Kades. Saat ditemui tim Kupas Merdeka, Kepala Desa Ahmad Dani mengatakan bahwa saat dirinya menghadap ke ruangan Camat pada 18/5, Camat mengatakan kalau peserta BPD atas nama Suhendi harus dimasukkan atau dijadikan anggota BPD.

Advertisement

Saat dikonfirmasikan hal tersebut, Camat mengatakan kepada KM kalau dirinya hanya mengikuti aturan DPMD. “Karena Suhendi itu kan mendapat suara terbanyak, kenapa tidak diakomodir,” jelasnya.

Sementara itu panitia pemilihan BPD mengklaim bahwa Suhendi kalah.

“Secara kelengkapan administrasi berita acara yang dibuat sebelum diadakan pemilihan/voting di RW II yang berjumlah pesertanya 4 calon yang sudah disepakati secara musyawarah bersama para tokoh masyarakat,agama, RT dan RW bahwa saudara Suhendi dinyatakan kalah,” terang panitia BPD.

Sementara itu Ratna dari DPMD Kabupaten Serang Banten menjelaskan adanya ketidakterimaan dari salah satu peserta BPD sehingga melayangkan surat gugatan. “Kami sih inginnya ada apa-apa itu selesai. Kenapa bapak-bapak ini yang datang ke sini, seharusnya camatnya yang harus datang ke sini, kami juga sedang menunggu keputusan pak Camat,” ujar Ratna.

“Kami mohon kepada Bupati Serang, Ibu Ratu Tatu Chasanah, kami selaku BPD yang terpilih ingin segera dilantik secepatnya agar ada kepastian,” ujar BPD.

Reporter: Wahid/pardi
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*