Bantah Dugaan Pungutan UNBK di Sekolahnya, Plt Kepsek SMPN 1 Cibogo: “Yang Ada Juga Sumbangan”

SMP Negeri 1 Cibogo, Subang (dok. KM/Google Street View)
SMP Negeri 1 Cibogo, Subang (dok. KM/Google Street View)

SUBANG (KM) – Plt Kepala Sekolah SMPN 1 Cibogo Edi Badrisyeh memberi klarifikasi menyusul pemberitaan yang tayang di kupasmerdeka.com soal dugaan adanya pungutan sebesar Rp550 ribu untuk Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Kamis 30/4, Edi mengatakan kepada KM bahwa tidak ada pungutan untuk UNBK, melainkan “sumbangan”.

“Sebenarnya gak ada pungutan UNBK, yang ada juga sumbangan yang diinisiasi oleh komite, itupun dengan cara mengundang orang tua siswa, karena ada kebijakan dari pusat [bahwa] sekolah dianjurkan untuk mengikuti dan melaksanakan UNBK sedangkan di SMPN 1 Cibogo komputer cuma punya 20 unit sementara peserta ujian 254 siswa [bukan 275]. Kebutuhan komputer minimal 1/3 dari jumlah peserta jadi kurang lebih SMPN 1 Cibogo harus punya minimal 85 unit komputer,” papar Edi melalui pesan singkat.

“Maka akhirnya karena kurang, kita memutuskan untuk bergabung dengan salah satu SMK di Subang untuk bergabung dan terus terang kita perlu dana, pertama untuk transport siswa menuju SMK di Subang, kedua untuk biaya internet, ketiga biaya listrik, keempat untuk kebersihan, kelima untuk uang lelah operator disana, dan transport guru yang membimbing berangkat kesana dan nungguin di sana. Selain itu juga untuk biaya perpisahan dan pengayaan,” ungkapnya.

Ia pun mengaku bahwa semua keputusan tersebut sudah diambil pada masa jabatan kepala sekolah yang lama, karena ia baru menjabat sebagai Plt Kepsek pada awal April lalu. “Saya sejak tanggal 1 April 2020 jadi Plt SMPN I Cibogo, jadi kegiatan itu dilaksanakan pada masa kepala sekolah yang lama,” katanya.

“Hasil kesepakatan rapat […] nanti kalau sisa uang UNBK akan dikembalikan ke orang tua murid dan juga akan saya undang orang tua untuk hadir,” pungkasnya.

Reporter: Udin, Sunardi
Editor: HJA

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*