Aktivis Mahasiswa Desak Wali Kota Tanjungbalai Copot Camat Sei Tualang Raso

Khaidir Rahman, Ketua GMPKP Sumatera Utara (dok. KM)
Khaidir Rahman, Ketua GMPKP Sumatera Utara (dok. KM)

TANJUNGBALAI, SUMUT (KM) – Gerakan Mahasiswa Pengawal Kebijakan Publik (GMPKP) Sumatera Utara mendesak Wali Kota Tanjungbalai agar mengevaluasi kinerja dan mengganti Camat Sei Tualang Raso lantaran diduga telah melakukan korupsi.

Pernyataan dan desakan tersebut disampaikan langsung oleh Khaidir Rahman, Ketua GMPKP Sumut, kepada KupasMerdeka.com Sabtu 9/5 saat bertemu di Tanjungbalai.

“Kami menduga kuat Camat Sei Tualang Raso melakukan praktik korupsi pada program peningkatan sarana dan prasarana aparatur dan program disiplin aparatur tahun anggaran 2018, berupa pemeliharaan gedung, meubeler, dan baju dinas,” kata Khaidir.

“Kami juga telah mengirimkan surat untuk meminta aparat penegak hukum agar memanggil dan memeriksa Camat Sei Tualang Raso terkait dugaan tersebut, namun belum ada tindakan, sehingga ada anggapan bahwa ia kebal hukum,” tambah Khaidir.

Khaidir menjelaskan ketika tim GMPKP Sumut turun ke lapangan melakukan konfirmasi dengan Sekretaris Camat Sei Tualang Raso terkait pengadaan peningkatan sarana dan prasarana tahun 2018, Sekcam mengatakan bahwa tidak ada pembelanjaan atau pembelian baju dinas. Ia mengaku bahwa memang ada program tapi pada tahun 2018 meubeler 1 buah, laptop 1 buah, dan baju batik 16 pcs.

Advertisement

“Atas keterangan itu, kami menduga kuat bahwa Camat Sei Tualang Raso juga telah memanipulasi data pegawai pengadaan baju dinas 30 unit, sedangkan pegawai kantor camat tersebut hanya 14 orang,” pungkas Khaidir.

“Jika bapak Wali Kota tidak segera mengevaluasi Camat Sei Tualang Raso berati bapak Wali Kota telah melindungi pejabat yang bermental korup. Kami dari GMPKP Sumut akan segera membuat laporan ke Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara” tutup nya.

Sementara itu, beberapa waktu lalu, Camat Sei Tualang Raso, Tota Tanjungbalai, Maspar Suryadi, saat dikonfirmasi melalui telepon dan WhatsApp untuk ditemui oleh KupasMerdeka.com, selalu menghindar dan beralasan sibuk menyiapkan posko pemeriksaan kesehatan untuk penanggulangan penyebaran covid-19, sehingga belum berhasil mendapat keterangan.

Reporter: RBB
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*