Relawan PERMABI Serahkan Bantuan Beras dan APD kepada Wartawan Melalui PWI Kota Bogor

Relawan PERMABI serahkan bantuan sosial kepada pengurus PWI Kota Bogor, Sabtu 18/4/2020 (dok. KM)
Relawan PERMABI serahkan bantuan sosial kepada pengurus PWI Kota Bogor, Sabtu 18/4/2020 (dok. KM)

BOGOR (KM) – Relawan yang tergabung dalam organisasi Perduli Masjid Ahlulbait Indonesia (PERMABI) memberikan bantuan alat-alat kesehatan dan beras bagi insan pers yang bertugas di wilayah Bogor melalui Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Bogor, Sabtu 18/4.

Menurut koordinator PERMABI Pontjo Handojo, aksi kepedulian sosial di tengah wabah covid-19 ini didorong oleh kesadaran bahwa insan pers merupakan “pejuang informasi” yang juga membutuhkan dukungan masyarakat.

“Wartawan ini sebagai pemberi informasi bagi masyarakat luas terkait dengan masalah pandemi covid-19, yang sedang melanda Indonesia dan juga dunia. Maka kami yang diberikan amanat untuk menyalurkan bantuan untuk para pejuang-pejuang informasi, para pewarta,” ungkap Pontjo kepada wartawan di sela penyaluran bantuan tersebut.

“Kami memang lembaga yang selalu aktif dan konsisten dalam memberikan bantuan-bantuan dalam situasi bencana di berbagai wilayah Indonesia,” tambah Pontjo.

Pontjo menuturkan, bantuan berupa APD, hand sanitizer, masker, face shield dan paket beras itu disiapkan khusus untuk para awak media, yang dalam kondisi sekarang ini menjadi “garda terdepan untuk memberikan informasi yang sebenar-benarnya bagi masyarakat.”

“Ya keamanan, kesehatan dan juga kebutuhan pokok bagi wartawan tetap harus dijaga. Semoga apa yang kami berikan ini dapat bermanfaat dan juga menjadi semangat para wartawan dalam menjalankan tugasnya,” ujar Pontjo.

Ia juga menambahkan bahwa bantuan tersebut merupakan bagian dari rangkaian bantuan sosial yang disalurkan oleh organisasi relawan bersih-bersih masjid itu kepada berbagai elemen masyarakat.

Advertisement

“Kita melihat bahwa banyak pihak yang mengalami kesulitan secara perekonomian, dan kita sudah melakukan kegiatan ini sebelumnya di masyarakat, bahwa kita sudah membagikan 500 paket sembako untuk supir-supir angkutan umum, kemudian 300 paket untuk masyarakat desa dan sekarang kepada PWI, ini adalah bentuk solidaritas kami untuk sedikit meringankan orang-orang yang sedang kesulitan,” terangnya.

Ketua PWI Kota Bogor Arihta Utama Surbakti mengapresiasi kepedulian dari PERMABI yang dengan keikhlasannya turut memperhatikan kebutuhan warga, termasuk wartawan, yang harus tinggal di rumah saja. “Pada dasarnya, kami semua para jurnalis bekerja dengan berpedoman pada protokol kesehatan,” ujar Arie.

“Saya sangat mengapresiasi kepedulian dari PERMABI, apalagi bantuan ini juga ada untuk kami, tidak hanya untuk warga yang harus tetap tinggal di rumah saat diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) saja,” ungkap Arie.

Arie melanjutkan, pemerintah bersama jajaran lainnya, sudah melakukan “segala upaya” untuk menanggulangi ancaman kesehatan masyarakat sejak merebaknya pandemi virus corona ini. Bahkan juga sudah memberikan bantuan kepada masyarakat sesuai Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan Non DTKS.

“Apalagi jika ada pihak lainnya baik swasta maupun pribadi, yang juga mau melakukan hal serupa dengan membantu masyarakat khususnya untuk keperluan alat pelindung diri (APD) berupa masker, hand sanitizer, dan sabun pencuci,” pungkas Arie.

Reporter: ddy
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*