Kadisdik Kota Bogor Umumkan Perpanjangan Waktu Belajar di Rumah

Kadisdik Kota Bogor, Fahrudin (dok. KM)
Kadisdik Kota Bogor, Fahrudin (dok. KM)

BOGOR (KM) – Dinas Pendidikan Kota Bogor kembali memperpanjang sistem pembelajaran di rumah karena situasi penyebaran covid-19 yang dinilai masih mengancam kesehatan.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor, Fahrudin mengatakan bahwa jangka waktunya masih dikaji, “Tapi yang jelas sampai betul-betul aman dari virus corona,” katanya melalui pesan singkat pagi ini 8/4. Ia menghimbau agar sekolah-sekolah menerapkan sistem belajar dari rumah dan mengajar dari rumah yang dilakukan dengan moda daring/jarak jauh.

Menurut Fahrudin, tugas belajar dari rumah pada prinsipnya diarahkan pada peningkatan kecakapan hidup dengan pengembangan bakat dan minat, tidak membenani siswa dan orang tua baik secara fisik, mental, maupun ekonomi, tidak banyak memberikan tugas dan tidak menimbulkan kepanikan dan tidak menimbulkan rasa khawatir.

“Guru pun tidak dituntut untuk menuntaskan tuntutan kurikulum, tapi lebih fokus pada memotivasi siswa untuk tetap berada di rumah, ikhlas dalam melakukan pembiasaan baik, menjaga kesehatan dan melakukan PHBS untuk mencegah penyebaran covid-19 serta mengembangkan bakat dan minat yang bisa dilakukan di rumah,” jelasnya.

Advertisement

“Produk aktivitas belajar di rumah disesuaikan dengan tingkat usia dan kelas, cukup dengan menceklis atau mencatat kegiatan/jurnal harian, atau dalam bentuk lain sesuai dengan minat, kemampuan, kreatifitas, dan akses yang dimiliki oleh peserta didik. Tidak ada Ujian Nasional, tidak ada Ujian Sekolah, tidak ada ulangan akhir semester. Namun syarat kelulusan dan kenaikan kelas kami buat formulasi yang sesuai dengan peraturan dan situasi saat ini dengan tetap menjaga mutu pendidikan,” ungkapnya.

Reporter: Efri
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*