Anak Kandung Kades Jabat Sekdes di Desa Pondok Udik Kemang

Kantor Desa Pondok Udik, Kecamatan Kemang, Bogor (dok. KM)
Kantor Desa Pondok Udik, Kecamatan Kemang, Bogor (dok. KM)

BOGOR (KM) – Walau negara dan masyarakat disibukkan dengan informasi coronavirus, tapi ada saja informasi menarik lainnya. Di Desa Pondok Udik, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor, sang kepala desa mengangkat anak kandungnya sendiri sebagai sekretaris desa.

“Itu Sekdes yang sekarang dijabat anak kandung Kades,” kata warga setempat yang enggan disebut namanya.

“Emang gak ada orang pintar di Desa kami, yang bisa jadi Sekdes?” ketusnya.

Kepala Desa Pondok Udik, Entis Sutisna membenarkan bahwa anaknya menjabat Sekdes di desa yang ia pimpin, saat dikonfirmasi jurnalis melalui pesan singkat siang ini 11/4.

Iyah benar..knapa pak..,” katanya. Bahkan Entis memberikan nama lengkap anaknya itu, M. Imam Hermawan, S.Pam.

Advertisement

Sementara, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), Ade mengatakan bahwa langkah itu sah-sah saja. “Acuannya adalah UU 6 Tahun 2014 dan Permendagri 83/2015 jo. Permendagri 67/2017,” katanya.

Menyikapi hal itu, Ketua Bidang Media Dan Komunikasi di Lembaga Aliansi Indonesia Badan Penelitian Aset Negara Jawa Barat, Endang Mahendra berkomentar.

“Pengangkatan perangkat desa harus melalui mekanisme yang tertuang dalam peraturan perundang-undangan dan konsultasi serta rekomendasi tertulis dari camat,” kata Endang.

“Saya berupaya berprasangka baik ya, namun anda bayangkan saja, bila bapak dan anak, lalu si anak mempunyai kesalahan atau sebaliknya, apa pendapat anda?” ujarnya

Reporter: Efri, TYr
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*