Aktivis: “PSBB Sudah Berlaku tapi Bantuan Sosial Dari Pemkot Bogor Belum Jelas, Kinerjanya Dipertanyakan”

Balaikota Bogor (dok. kotabogor.go.id)
Balaikota Bogor (dok. kotabogor.go.id)

BOGOR (KM) – Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sudah diterapkan pada Rabu 15 April 2020. Di sisi lain, janji-janji bantuan pemerintah baik pusat, provinsi dan daerah Kota Bogor khususnya belum juga ada realisasi yang jelas. Hal tersebut diungkapkan oleh aktivis dari “Gerakan Perjuangan Masyarakat dan Mahasiswa” (GERPAMMA).

“Bantuan pusat, provinsi yang akan segera diturunkan kepada masyarakat, namun bantuan dari daerah sendiri yaitu khususnya di Kota Bogor belum ada penjelasan yang konkret,” ungkap Ketua GERPAMMA Fatarizky kepada awak media, Rabu 15/4.

“Kebijakan PSBB yang sudah dilaksanakan oleh Pemkot Bogor, namun tidak sejalan dengan upaya penanganan dampak ekonomi masyarakatnya,” tambah Fata.

Menurut Fata, Pemkot Bogor “tidak siap dalam mengayomi warganya”. Seharusnya, dengan permasalahan pandemi covid-19 ini, pemerintah menjadi garda terdepan bagi warganya untuk mengatasi segala permasalahan yang ada, baik kesehatan maupun perekonomiannya.

“Ya walaupun ini menjadi permasalahan negara bahkan sampai dunia, sudah seharusnya pemerintah daerah tanggap dengan segala kemampuan yang ada, bukan mengandalkan pusat dan provinsi atau mengandalkan donasi-donasi solidaritas elemen masyarakat saja,” tegas Fata.

Advertisement

Senanda disampaikan Presiden Mahasiswa (Presma) STKIP Muhammadiyah Bogor Hendi, yang mengatakan jika Pemkot Bogor tidak cepat tanggap dalam memberikan bantuan kepada warganya dengan situasi saat ini, maka patut dipertanyakan kinerja dan amanahnya kepada masyarakat.

“PSBB yang sudah diterapkan hari ini, namun segala bentuk bantuan belum ada yang diterima masyarakat Kota Bogor khususnya dari Pemkot Bogor yang memang sebagai garda terdepan bagi warganya,” jelas Hendi.

Maka, lanjut Hendi, kinerja Pemkot Bogor “sangat patut dipertanyakan”, karena siap tidak siap dengan masalah pandemi covid-19 ini.

“Upaya konkret membantu warga Kota Bogor harus real dan nyata,” pungkas Hendi.

Reporter: ddy
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*