Warga Batal Transfusi Darah Karena Dimintai Biaya, Ini Penjelasan PMI Tanjungbalai

Tuah Manurung, M.Pd, Sekretaris PMI Tanjungbalai yang juga Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Tanjungbalai (istimewa)
Tuah Manurung, M.Pd, Sekretaris PMI Tanjungbalai yang juga Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Tanjungbalai (istimewa)

TANJUNGBALAI (KM) – Palang Merah Indonesia (PMI) adalah sebuah organisasi perhimpunan nasional di Indonesia yang bergerak dalam bidang sosial kemanusiaan. Transfusi darah adalah salah satu tugas dari kepalangmerahan. Namun, prosedur tersebut bukan diberikan secara cuma-cuma, walau pasokan darah merupakan sumbangan dari pendonor darah.

Senin 17/3 lalu, diberitakan di salah satu media online tentang seorang pasien yang batal melakukan transfusi darah karena PMI di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tengku Mansyur Tanjungbalai meminta biaya transfusi darah. Pihak keluarga tidak sanggup menyediakan biaya yang diminta akibat sebelumnya pendonor juga dikabarkan meminta bayaran untuk darah yang akan diberikan.

Menanggapi berita tersebut, Tuah Manurung, Sekretaris PMI Tanjungbalai yang juga Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Tanjungbalai menyampaikan kepada KupasMerdeka.com pagi ini 18/3 bahwa biaya yang dipinta PMI tersebut adalah biaya pengganti pengambilan darah yang berlaku sama secara nasional dan diatur dengan Permenkes.

“Intinya biaya yang ditetapkan bukan untuk jual beli darah, memang saat ini stok darah di Unit Donor Darah PMI Tanjungbalai lagi kosong, karena keterbatasan jumlah dan minat masyarakat dalam melakukan donor,” kata Tuah Manurung.

Advertisement

Menurut Tuah Manurung, setiap pasien yang kategori umum (non BPJS), maka seluruh biaya pelayanan transfusi darah akan ditanggung oleh pihak pasien. Biaya tersebut sudah termasuk biaya jasa medik, screening test, kantong darah, dan kelengkapan lainnya yang digunakan saat melakukan transfusi.

“Itulah sulitnya jadi pasien umum jika dia kurang mampu, tapi kalau dia pakai BPJS, darah ditanggung BPJS,” pungkas Tuah Manurung.

Tuah juga berharap kepada seluruh lapisan masyarakat agar lebih giat melakukan donor darah di UDD PMI sehingga ketika ada pasien yang membutuhkan darah, PMI dapat membantu.

Dia juga menghimbau kepada masyarat agar berpartisipasi mendonorkan darah di Markas PMI Tanjungbalai di Jalan Pahlawan disamping Kantor Lurah Pantai Burung, Kecamatan Tanjungbalai Selatan, Kota Tanjungbalai.

Reporter: RBB
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*