Terkait Zona Industri Peternakan Kandang Ayam, Forum Masyarakat Cikaum Lanjutkan Gugatan ke PTUN

Perwakilan Forum Masyarakat Cikaum (FORMAC) di PN Subang (dok. KM)
Perwakilan Forum Masyarakat Cikaum (FORMAC) di PN Subang (dok. KM)

SUBANG (KM) – Setelah melalui proses yang sangat panjang selama kurang lebih 6 bulan sejak didaftarkan gugatan perdata perbuatan melawan hukum (PMH) di kantor PN Subang No. 20/Pdt.G/2019/PN.Subang terkait pelanggaran Perda No 3 Th.2014 Tentang Zona Industri Peternakan Ayam Ras, khususnya yang berada di wilayah Kecamatan Cikaum, Forum Masyarakat Cikaum (FORMAC) akan melanjutkan gugatannya ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Bandung.

“Kami akan terus berjuang mencari keadilan demi tegaknya supremasi hukum dan terwujudnya kedaulatan rakyat, insya Allah dalam waktu dekat ini kami akan melanjutkan gugatannya ke pihak PTUN Bandung,” ujar Tito mewakili FORMAC kepada Kupasmerdeka.com Senin 17/2.

“Hal ini berdasarkan Putusan Sela yang dikeluarkan oleh pihak Pengadilan Negeri Subang pada tanggal 12 Agustus 2019, yang menyatakan bahwa berdasarkan UU Administrasi Pemerintahan Pasal 85 ayat (1), bahwa pengajuan Gugatan Sengketa Administrasi Pemerintahan yang sudah didaftarkan tetapi diperiksa dialihkan dan diselesaikan oleh Pengadilan Tata Usaha Negara,” pungkasnya.

Sebelumnya, FORMAC menggugat Perda Kabupaten Subang No 3 Th.2014 Tentang Zona Industri Peternakan Ayam Ras. Mereka menilai, dampak Perda tersebut bisa mengakibatkan pencemaran limbah padat B2, bau kotoran ayam, penyebaran lalat dan berbagai macam penyakit, dan resiko wabah flu unggas dari industri peternakan ayam.

Reporter: udin
Editor: HJA

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*