Milangkala Desa Cibalandong Jaya Ke-14 Berlangsung Meriah

Milangkala Desa Cibalandong Jaya ke-14 dimeriahkan dengan gerak jalan santai serta potong tumpeng (dok. KM)
Milangkala Desa Cibalandong Jaya ke-14 dimeriahkan dengan gerak jalan santai serta potong tumpeng (dok. KM)

SUBANG (KM) – Milangkala Desa Cibalandong Jaya yang ke-14 diwarnai dengan acara gerak jalan santai dan tabligh akbar serta hiburan door prize, di halaman Kantor Desa Cibalandong Jaya, Kecamatan Cibogo, Kabupaten Subang, Sabtu 1/2/2020.

Kegiatan tersebut dihadiri Kadis BPBD Subang, Hidayat, Kadis Pemdes Subang Nana Mulyana, Muspika Kecamatan Cibogo, para Kepala Desa se- Kecamatan Cibogo, tokoh masyarakat serta warga masyarakat Desa Cibalandong yang antusias mengikuti kegiatan tersebut.

“Saya atas nama Pemerintah Kecamatan Cibogo mengucapkan selamat atas milangkala Desa Cibalandong Jaya, mudah-mudahan visi atau moto, yakni ‘Bersatu Untuk Maju’ ini semoga bisa tercapai dan juga milangkala ini adalah untuk memberikan motivasi agar ke depan lebih maju lagi,” ujar Camat Cibogo Sri Novia dalam sambutannya.

Camat juga menambahkan bahwa pihaknya akan menyisihkan dana kewilayahan Kecamatan Cibogo ke SDN Sukatani sebesar Rp 100 juta agar anak-anak CIbalandong “bisa belajar dengan tenang dan nyaman”.

“Sementara untuk musren tahun depan saya akan mengalokasikan anggaran dari dana kewilayahan ke SDN Cimanggu, dilakukan secara bergilir, hal ini adalah untuk kenyamanan belajar siswa/i Sekolah Dasar, di harapkan warga Desa Cibalandong agar terus berkarya dalam berbagai kegiatan supaya lebih maju,” ucapnya.

Bupati Subang Ruhimat melalui Kadis Pemdes Nana Mulyana dalam sambutannya mengatakan, pihaknya mendorong agar milangkala tersebut menjadi “bahan evaluasi” untuk meningkatkan kemajuan, kemakmuran dan kesejahtraan warga Desa.

“Secara pribadi saya memiliki sejarah sejak itu pada tahun 2005 lalu ketika menjabat sebagai Camat Cijambe, ingin melahirkan Cibalandong menjadi desa, dan saat itu juga perebutan batas wilayah sehingga sampai lahirnya Desa Cibalandong Jaya, itu berkat kegigihan dan kerja sama para tokoh masyarakat, dan Desa Cibalandong, serta saat ini mengalami perubahan yang luar biasa,” ujar Nana.

Advertisement

“Sementara pada tahun 2008 Desa Cibalandong dipisahkan masuk ke wilayah Kecamatan Cibogo, diharapkan semangat gotong royong yang ditanamkan pada saat itu jangan sampai luntur agar lebih ditingkatkan lagi supaya tercipta sebuah pembangunan yang lebih maju,” lanjutnya.

Terpisah PJS Kades Cibalandong Jaya Atim menjelaskan, kegiatan milangkala Desa Cibalandong Jaya yang ke 14 tahun ini adalah untuk menjalin tali silaturahmi antara warga dan Pemdes Cibalandong “Ternyata warga sangat antusias walaupun kegiatan ini dilaksanakan sangat sederhana sekali, tidak lain agar masyarakat merasa memiliki desanya,” kata Kades.

“Diharapkan dalam waktu dekat ini berkaitan dengan turunnya SPPT mendatang diharapkan warga masyarakat sadar akan PBB dan hal ini akan balik lagi ke masyarakat menjadi sebuah pembangunan di desa kita, dan pembangunan tersebut adalah hasil pajak yang kita bayar,” imbuhnya.

“Desa Cibalandong Jaya mendatang akan terdampak Bendungan Sadawarna, secara otomatis warga masyarakat petani akan beralih fungsi menjadi petani ikan. Kami selaku Pemdes akan berupaya untuk mekakukan pelatihan dan studi banding ke Jatiluhur agar warga memahami tatacara menjadi petani ikan serta warga tidak kehilangan mata pencaharian untuk memenuhi kebutuhan hidupnya,” pungkasnya.

Reporter: Jajat.S.
Editor: HJAdes

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*