Longsor di Desa Ponggang Serangpanjang Ancam Puluhan Hektare Sawah Warga

Lokasi longsor di Kampung Cibitung 3 RT022/006 Desa Ponggang, Kecamatan Serangpanjang, Subang (dok. KM)
Lokasi longsor di Kampung Cibitung 3 RT022/006 Desa Ponggang, Kecamatan Serangpanjang, Subang (dok. KM)

SUBANG (KM) – Hujan dengan intensitas tinggi dan durasi waktu yang lama pada hari Selasa 18/2 mengakibatkan longsor di Kampung Cibitung 3 RT 022 RW 006 Dusun 4 Desa Ponggang, Kecamatan Serangpanjang, Kabupaten Subang.

Kepala Desa Ponggang, Asep Suryana saat dikonfirmasi seputar hal tersebut melalui pesan singkatnya mengatakan, hujan dengan intensitas tinggi itu menimbulkan longsor pertama yang menyumbat saluran air Ponggang 4 sehingga air tidak bisa mengalir seperti biasa.

“Kemudian terjadi longsor susulan yang mengakibatkan saluran air tersebut jebol/putus dengan total panjang lebih kurang 20 meter dan tinggi lebih kurang 7 meter dan material yang diakibatkan longsor tersebut menimpa sawah dan kebun warga di Kampung Cibitung 3 RT022 RW006 Dusun 4,” jelas Asep.

Akibat bencana tersebut, sawah milik warga yang menggunakan air dari saluran air tersebut tidak bisa terairi seluas lebih kurang 50 hektare, dan pipa air bersih untuk dua dusun terseret oleh longsor dan kerugian materi yang diakibatkan longsor diperkirakan lebih kurang Rp700 juta.

“Upaya Pemdes Ponggang adalah bergotong royong membuat talang dari bambu dan kayu, pakai terpal dan plastik yang areal pesawahan pertanian harus terselamatkan,” tegasnya.

Reporter: Sunardi
Editor: HJA

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*