Rapat Pra Musrenbangdes Kecamatan Binong, Para Kaur Keluhkan Kurangnya Perhatian Terhadap Administrasi Kependudukan

(dok. KM)
(dok. KM)

SUBANG (KM) – Rapat pra Musyawarah Perencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat desa dalam program pelayanan administrasi kependudukan tahun 2021 tingkat Kecamatan, dilaksanakan di Aula kantor Desa Binong, Kecamatan Binong, Kabupaten Subang, Kamis 9/1.

Menurut Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kecamatan Pagaden, yang turut menaungi Dukcapil di Kecamatan Binong, Sumiati Agus, banyak para Kaur Pemerintahan di desa yang mengeluh tentang program adminduk, terkait kurang mendapatkan perhatian dari para Kepala Desa.

“Ya hal tersebut dibuktikan dengan tidak disetujui atau dialokasikannya anggaran untuk pelayanan adminduk di tingkat desa,” ungkap Sumiati.

“Setiap hari masyarakat datang ke desa yang mayoritas adalah dalam rangka mengurus dokumen kependudukan seperti KK, Akta lahir/mati, KTP/Suket,” tambahnya.

Advertisement

“Dimana para kaur Pem di Kecamatan Binong, mereka sudah beberapa kali mengusulkan anggaran untuk pelayanan adminduk seperti, updating KK , karena data penduduk setiap tahun pasti berubah dan Seolah-olah Program adminduk saat ini dilirik sebelah mata oleh para Kepala Desa,” tutur Sumiati.

Lebih lanjut Sumiati mengatakan, menurut Kaur Pem Desa, Kepala Desa lebih memperhatikan alokasi anggaran untuk infrastruktur. “Seperti bikin posyandu, pemberdayaan dan sebagainya. Padahal data adminduk adalah sumber dari semua program di desa,” jelasnya.

“Oleh karena itu, ini perlu dukungan Bupati Subang, agar para Kepala Desa bisa mengalokasikan anggaran untuk pelayanan adminduk,” pungkas Sumiati.

Reporter: Udin
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*