POSPERA Tutup Posko dan Dapur Umum bagi Pengungsi Banjir dan Longsor di Desa Harkat Jaya

Posko dan dapur umum Pospera Kabupaten Bogor di lokasi Pengungsian Desa Harkat Jaya, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor (dok. KM)
Posko dan dapur umum Pospera Kabupaten Bogor di lokasi Pengungsian Desa Harkat Jaya, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor (dok. KM)

BOGOR (KM) – Posko Perjuangan Rakyat (POSPERA) Kabupaten Bogor hadir sebagai relawan pertama di Desa Harkat Jaya, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor yang terkena dampak bencana banjir dan longsor beberapa waktu lalu. Desa Harkat Jaya menjadi desa pertama yang aksesnya bisa dilalui dan bisa dijangkau di samping beberapa desa lain.

Sejak tanggal 1 Januari, POSPERA mendirikan posko dan dapur umum di lokasi pengungsian SDN 03 Harkat Jaya, melayani 700 pengungsi untuk menyediakan makan 3 kali sehari dari usia balita hingga lansia.

Setelah 2 minggu, posko dan dapur umum POSPERA itu pun diakhiri dan tim relawan POSPERA Kabupaten Bogor menyalurkan bantuan logistik ke beberapa titik desa terdampak lainnya, seperti Desa Urug, Pasir Madang, Kiara Pandak, dan titik lainnya.

“Sebenarnya kami sedih POSPERA meninggalkan kami, tapi kami juga tidak mau para pengungsi tergantung pada relawan,” ujar Amog selaku koordinator pengungsi di SDN 03 Harkat Jaya.

Ketua POSPERA Kabupaten Bogor Sasha Sambyah yang juga ketua tim tanggap bencana POSPERA mengatakan bahwa banyak pelajaran yang didapatkan dari kejadian ini. “Kita harus bersiap setiap saat dengan kondisi geografis Kabupaten Bogor yang banyak penduduknya tinggal di daerah rawan bencana, harus ada sinergi bersama antara Pemda Kabupaten Bogor dan para stakeholder lain dalam penanggulangan bencana ini,” ucap Sasha saat menutup posko dan dapur umum.

Di tempat terpisah, Sekretaris POSPERA Kabupaten Bogor yang juga Humas Tanggap Bencana Phoyo menyampaikan bahwa pihaknya “sangat haru dan berterimakasih” kepada seluruh masyarakat dan beberapa perusahaan yang meberikan bantuan sumbangan logistik yang tak henti-hentinya mengalir ke Posko bencana POSPERA di Cikaret, Cibinong.

“Semoga keadaan terus membaik bagi masyarakat Kabupaten Bogor yang tertimpa musibah bencana banjir dan longsor di Kecamatan Sukajaya, Cigudeg, Jasinga, dan daerah lainnya,” tutupnya.

Reporter: Budi
Editor: HJA

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*