BUMDes Rancamanggung Dianggap Sukses Tingkatkan Perekonomian, Penuhi Kebutuhan Warganya

Kades Rancamanggung Abas Sujana dan Ketua BPD Maman di lokasi toko bangunan yang menggunakan dana BUMDes (dok. KM)
Kades Rancamanggung Abas Sujana dan Ketua BPD Maman di lokasi toko bangunan yang menggunakan dana BUMDes (dok. KM)

SUBANG (KM) – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) adalah badan usaha yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki desa melalui penyertaan modal langsung yang berasal dari kekayaan desa.

Lembaga ini digadang-gadang sebagai kekuatan yang akan bisa mendorong terciptanya peningkatan kesejahteraan dengan cara menciptakan produktivitas ekonomi bagi desa dengan berdasar pada ragam potensi yang dimiliki desa tersebut.

Iwan, seorang warga Desa Rancamanggung, Kecamatan Tanjung Siang, Kabupaten subang, saat bincang-bincang mengaku memang terbantuoleh keberadaan BUMDes di wilayahnya. “Kebetulan saya menyewa salah satu kios yang dikelola oleh BUMDes, mengenai telah tersedianya bahan-bahan bangunan yang dikelola oleh BUMDes tentunya sangat membantu masyarakat yang ada di Desa Rancamanggung. Selain itu BUMDes disini juga menyediakan gas LPG 3 kg untuk memenuhi kebutuhan masyarakat,” ujarnya.

“Kalau untuk di kios saya sendiri menyediakan seperti pemasangan CCTV dan juga servis berbagai HP dan masih banyak lagi,” ucap Iwan.

Ketua BPD Rancamanggung, Maman Suryatman saat ditemui mengatakan bahwa BUMDes saat ini juga bergerak dalam penyediaan toko peralatan bangunan. Toko tersebut menyediakan kebutuhan warga desa dengan harga standar.

“Karena selama ini toko bangunan itu cukup jauh, makanya saat ini kami sudah menyediakan toko alat-alat bangunan yang sumbernya dari BUMDes,” ucap Maman kepada KM.

Sementara itu Kepala Desa Rancamanggung Abas Sujana mengatakan, dibangunnya toko bahan bangunan yang mengunakan dana BUMDes untuk membeli bahan-bahan bangunannya sebesar kurang lebih Rp50 juta, namun untuk fisik bangunannya sendiri bukan dari dana BUMDes.

“Karena selama ini apabila masyarakat membutuhkan alat-alat bahan banngunan untuk membelinya itu terlalu jauh dan melihat hal tersebut kami dari Pemdes Rancamanggung menyediakan keperluan masyarakat tersebut, karena BUMDes itu dari masyarakat, oleh masyarakat dan untuk masyarakat, dan insya Allah launching toko bangunan ini pekan depan,” tegas Abas.

Reporter: Sunardi
Editor: HJA

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*