Aktivis: “Gurandil Bukan Akar Masalah Kerusakan Lingkungan, Aparat Harus Ungkap Biang Besarnya”

Demisioner Presidium Nasional BEM PTM Zona 3 Jabar, DKI Dan Banten Iksan Awaludin (dok. KM)
Demisioner Presidium Nasional BEM PTM Zona 3 Jabar, DKI Dan Banten Iksan Awaludin (dok. KM)

BOGOR (KM) – Penangkapan dua orang gurandil di Cigudeg oleh Polres Bogor yang ditudunh sebagai penyebab kerusakan lingkungan dan salah satu penyebab banjir dan tanah longsor di beberapa wilayah di Kabupaten Bogor dikritisi keras oleh demisioner Presidium Nasional Badan Eksekutif Mahasiswa Nasional Perguruan Tinggi Muhammadyah (BEM PTM) Zona 3, Iksan Awaludin.

“Gurandil bukan akar masalah yang besar terhadap penyebab kerusakan lingkungan di Kabupaten Bogor, khususnya di wilayah Bogor Barat. Penegak hukum dalam hal ini Kepolisian Bogor harus berani mengungkap dan menangkap biang-biang besar yang mengeksploitasi lingkungan, alam dan pegunungan di Kabupaten Bogor,” ungkap Iksan yang juga menjabat Kabid Hikmah Ikatan Mahasiswa Muhammadyah (IMM) Cabang Bogor, kepada KM, Senin 13/1.

“Gurandil hanya orang-orang pekerja kecil yang mungkin hanya berbuat karena kebutuhan. Kami menduga ada pihak yang lebih besar, yang secara struktur merusak lingkungan di wilayah barat Kabupaten Bogor untuk kepentingan-kepentingan kekayaan dan kekuasaan,” tambah Iksan.

Iksan menuturkan, seharusnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor menyadari, banyak aktivitas-aktivitas besar di Bogor barat yang secara langsung berdampak merusak lingkungan dan alam.

“Jadi jangan dalih bahwasanya hanya gurandil saja, penyebab kerusakan lingkungan. Penegak hukum harus berani mengungkap dan menangkap akar masalah yang lebih besar dari kerusakan lingkungan di Kabupaten Bogor,” pungkas Iksan.

Reporter: ddy
Editor: HJA

Komentar Facebook

2 Comments

  1. bener tuh bang…..

Leave a comment

Your email address will not be published.


*